AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL MELALUI INSTAGRAM @MESURA___ DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN FASE SUSTAIN QUARTER PERTAMA TAHUN 2022

Kusumanegara, Taufan (2024) AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL MELALUI INSTAGRAM @MESURA___ DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN FASE SUSTAIN QUARTER PERTAMA TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (COVER)
44320110048-Taufan Kusumanegara-01 Cover - Taufan.pdf

Download (264kB)
[img] Text (ABSTRAK)
44320110048-Taufan Kusumanegara-02 Abstrak - Taufan.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB I)
44320110048-Taufan Kusumanegara-03 Bab 1 - Taufan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB II)
44320110048-Taufan Kusumanegara-04 Bab 2 - Taufan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB III)
44320110048-Taufan Kusumanegara-05 Bab 3 - Taufan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (BAB IV)
44320110048-Taufan Kusumanegara-06 Bab 4 - Taufan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB V)
44320110048-Taufan Kusumanegara-07 Bab 5 - Taufan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44320110048-Taufan Kusumanegara-09 Daftar Pustaka - Taufan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44320110048-Taufan Kusumanegara-10 Lampiran - Taufan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (LEMBAR KEABSAHAN)
02-Form Pernyataan Keaslian dan Persetujuan Unggah dan Publikasi Tugas Akhir_Taufan Kusumanegara_44320110048 - Taufan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)

Abstract

Komunikasi pemasaran digital merupakan bentuk komunikasi pemasaran yang semakin populer. Menurut Chaffey & Ellis-Chadwick (2019), komunikasi pemasaran digital meliputi berbagai bentuk, salah satu yang populer adalah media sosial. media sosial memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan konsumen serta menciptakan citra merek yang kuat melalui konten menarik. Mengingat Instagram adalah salah satu media sosial paling populer saat ini, platform ini menjadi alat yang sangat vital bagi perusahaan untuk memasarkan produk dan layanan mereka. Mengingat persaingan yang semakin ketat di dunia digital, pemahaman yang mendalam tentang aktivitas pemasaran melalui Instagram sangatlah penting untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan penjualan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis aktivitas komunikasi pemasaran digital melalui Instagram yang dilakukan oleh brand fashion Muslimah, Mesura, dalam meningkatkan penjualan pada fase sustain quarter pertama tahun 2022. Paradigma menggunakan post positvisme dengan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur Instagram seperti Instagram Shopping, Instagram Ads, dan promosi inovatif berhasil menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan engagement pelanggan. Strategi pemasaran Mesura, seperti diskon, kode voucher dari KOL, dan promosi Buy 1 Get 1, berhasil meningkatkan penjualan hingga 2 kali lipat. Kesimpulannya, komunikasi pemasaran digital melalui Instagram efektif dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan produk Mesura selama fase sustain. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pelaku bisnis fashion Muslimah dalam memanfaatkan Instagram untuk pemasaran digital. Digital marketing communication is an increasingly popular form of marketing communication. According to Chaffey & Ellis-Chadwick (2019), digital marketing communication encompasses various forms, one of the most popular being social media. Social media allows companies to build closer relationships with consumers and create a strong brand image through engaging content. Given that Instagram is one of the most popular social media platforms today, it has become a vital tool for companies to market their products and services. Considering the increasingly fierce competition in the digital world, a deep understanding of marketing activities through Instagram is crucial to ensure the sustainability and growth of a company's sales. This research aims to identify and analyze the digital marketing communication activities through Instagram conducted by the Muslim fashion brand, Mesura, in increasing sales during the sustain phase of the first quarter of 2022. The paradigm used is post-positivism, with the research method being descriptive qualitative, employing data collection techniques such as interviews, observation, and documentation. The research results indicate that Instagram features such as Instagram Shopping, Instagram Ads, and innovative promotions successfully reached a broader audience and increased customer engagement. Mesura's marketing strategies, such as discounts, voucher codes from KOLs, and Buy 1 Get 1 promotions, successfully doubled sales. In conclusion, digital marketing communication through Instagram is effective in maintaining customer loyalty and increasing Mesura's product sales during the sustain phase. This research can serve as a reference for Muslim fashion business practitioners in utilizing Instagram for digital marketing.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44320110048
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Digital, Peningkatan Penjualan, Mesura, Fase Sustain, Digital Marketing Communication, Sales Increase, Mesura, Sustain Phase
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: SILMI KAFFA MARISKA
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:01
Last Modified: 07 Aug 2024 04:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90066

Actions (login required)

View Item View Item