BAGASKARA, PANDUNUSA (2024) OPTIMASI KINERJA SIMPANG TIGA LENGAN BERSINYAL PADA JALAN RAYA SERANG - JALAN THE AVENUE BOULEVARD, CIKUPA, KABUPATEN TANGERANG MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 DAN WEBSTER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
Text (COVER)
41122110048 - Pandunusa Bagaskara - 02 Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
|
Text (ABSTRAK)
41122110048 - Pandunusa Bagaskara - 03 Abstrak.pdf Download (71kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
41122110048 - Pandunusa Bagaskara - 04 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
Text (BAB 2)
41122110048 - Pandunusa Bagaskara - 05 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 3)
41122110048 - Pandunusa Bagaskara - 06 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
||
Text (BAB 4)
41122110048 - Pandunusa Bagaskara - 07 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 5)
41122110048 - Pandunusa Bagaskara - 08 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41122110048 - Pandunusa Bagaskara - 10 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
41122110048 - Pandunusa Bagaskara - 11 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
||
Text (JURNAL)
41122110048 - Pandunusa Bagaskara - 12 Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
Abstract
Simpang bersinyal Jalan Raya Serang - Jalan The Avenue Boulevard di Kabupaten Tangerang terletak di kawasan komersial dengan volume lalu lintas yang meningkat signifikan setiap tahunnya sehingga mengakibatkan antrian yang cukup panjang terutama pada jam-jam sibuk. Oleh karena itu, perlu disusun solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan kemacetan pada simpang bersinyal ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja simpang bersinyal Jalan Raya Serang - Jalan The Avenue Boulevard saat ini, mengetahui prediksi kinerja simpang tersebut 5 tahun mendatang, dan mendapatkan solusi perbaikan terhadap kondisi eksisting dan kondisi 5 tahun mendatang. Metode penelitian menggunakan MKJI 1997 dan Metode Webster. Hasil analisis terhadap kondisi eksisting menunjukkan rata-rata tundaan pada simpang tersebut sebesar 61,9 smp/detik dan tingkat pelayanan (Level of Service) sebesar F. Dalam kurun waktu 5 tahun ke depan akan terjadi kemacetan yang sangat parah terutama pada saat jam sibuk dengan nilai tundaan rata - rata sebesar 56,1 smp/detik. Solusi terbaik yang terungkap dari penelitian ini adalah menghilangkan hambatan pinggir jalan, mengubah siklus waktu dan mengubah fase sinyal menjadi 2 fase dengan penerapan aturan 'dilarang belok kanan' pada pendekatan Barat. Penerapan solusi ini, untuk kasus kondisi eksisting, menghasilkan rata-rata tundaan berdasarkan metode MKJI 1997 sebesar 17,2 smp/detik dengan Tingkat Pelayanan C, sedangkan hasil tundaan rata-rata pada simpang berdasarkan metode Webster adalah 21,89 smp/detik dengan Lever of Service adalah C. Penerapan solusi ini juga dapat digunakan untuk 5 tahun ke depan dengan nilai rata-rata delay sebesar 16,5 smp/detik dan Level of Service sebesar C
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41122110048 |
Uncontrolled Keywords: | MKJI 1997, Webster, Kinerja Simpang, Tundaan, Tingkat Pelayanan |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 02:51 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 02:51 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88853 |
Actions (login required)
View Item |