HASANAH, ULFATUN (2021) STRATEGI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI AGEN ASURANSI BSAVE ACCIDENT PROTECTION DENGAN NASABAH DALAM MENGEDUKASI PRODUK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BCA LIFE JAKARTA ( CABANG PLUIT ) (Studi Kasus Kualitatif Strategi Komunikasi Pada Agen Asuransi PT. Asuransi Jiwa BCA (BCA Life)). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
Text
44214110071-ULFATUNHASANAH-01Cover - ulfatun hasanah.pdf Download (687kB) |
|
Text (Cover)
44214110071-ULFATUNHASANAH-01Cover - ulfatun hasanah.pdf Download (687kB) |
|
Text (Abstrak)
44214110071-ULFATUNHASANAH-02-Abstrak - ulfatun hasanah.pdf Download (55kB) |
|
Text (Bab 1)
44214110071-ULFATUNHASANAH-03BAB 1 - ulfatun hasanah.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text (Bab 2)
44214110071-ULFATUNHASANAH-04BAB2 - ulfatun hasanah.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text (Bab 3)
44214110071-ULFATUNHASANAH-05BAB 3 - ulfatun hasanah.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
Text (Bab 4)
44214110071-ULFATUNHASANAH-06 BAB4 - ulfatun hasanah.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
Text (Bab 5)
44214110071-ULFATUNHASANAH-07BAB 5 - ulfatun hasanah.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
44214110071-ULFATUNHASANAH-08DAFTARPUSTAKA - ulfatun hasanah.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
|
Text (Lampiran)
44214110071-ULFATUNHASANAH-09LAMPIRAN - ulfatun hasanah.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Text
44214110071-ULFATUNHASANAH-10HASIL SCAN FORMULIR PERNYATAAN KEABSAHAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR - ulfatun hasanah.pdf Download (166kB) |
|
Text (Formulir keabsahan dan publikasi TA)
44214110071-ULFATUNHASANAH-10HASIL SCAN FORMULIR PERNYATAAN KEABSAHAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR - ulfatun hasanah.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
Abstract
Banyak masyarakat Indonesia yang masih skeptis dan sinis terhadap pentingnya asuransi. Berbagai alasan menjadi pilihan bagi masyarakat untuk tidak memilih asuransi sebagai solusi. Hal tersebut menjadi tantangan bagi para agent asuransi untuk mengubah pola pikir masyarakat bahwa asuransi sangatlah penting. Dengan demikian agent asuransi dituntut harus mempunyai kemampuan dan strategi yang diterapkan dalam mengedukasi nasabah. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui strategi komunikasi antarpribadi yang terjadi antara agen asuransi dengan calon nasabah. Menurut Miller dan Steinburg membaginya dalam 4 strategi: Strategi Wortel Teruntai, Strategi Pedang Tergantung, Strategi Kembar Siam dan Strategi Katalisator. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif melalui penelitian studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini paradigma konstruktivisme.Teknik pengumpulan data primer melalui wawancara, observasi dan dokumentasi lalu data sekunder dengan cara melihat profil BCA Life Indonesia. Hasil Peneliatian : penulis dapat menyimpulkan bahwa strategi komunikasi antarpribadi agen asuransi BCA life dalam mengedukasi nasabah menggunakan dua strategi, yaitu Strategi Wortel Teruntai, agen memberikan pesan yang bersifat menyenangkan kepada nasabah dengan menanyakan kendala dan menjelaskannya sesuai yang diberatkan oleh nasabah terhadap asuransi. Kedua, Strategi Katalisator dimana ada stretegi khusus, dengan cara menawarkan asuransi premi satu keluarga Many Indonesian people are still skeptical and cynical about the importance of insurance. Various reasons are choices for people not to choose insurance as a solution. This is a challenge for insurance agents tochange people's mindsets that insurance is very important. Thus, insurance agents are required to have the skills and strategies applied in educating customers. The purpose of the study was to determine the interpersonal communication strategy that occurs between insurance agents and prospective customers. According to Miller and Steinburg divide it into 4 strategies, namely: Dangle Carrot Strategy, Dependent Sword Strategy, Siamese Twins Strategy end Catalyst Strategy. This study uses a qualitative research methodology through case study research. The paradigm used in this research is constructivism paradigm. Research results: the authors can conclude that the interpersonal communication strategy of BCA life insurance agents ineducating customers uses twostrategies, namely the Dangle Carrot Strategy, theagent gives a pleasant message to customersby asking about obstaclesand explaining them according to what the customer feels about insurance. Second, the Catalyst Strategy where there is a special strategy, by offering premium insurance for one family.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44214110071 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Komunikasi Antarpribadi, Agen Asuransi Strategy, Interpersonal Communication, Insurance Agent |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:38 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:38 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86364 |
Actions (login required)
View Item |