Kurniawaan, Kuntoro Dedid (2024) ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT PALANG KERETA API (STUDI KASUS JALAN W.R SUPRATMAN KOTA TANGERANG SELATAN). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
41118310078 - Kuntoro Dedid Kurniawan - 02 Cover.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
41118310078 - Kuntoro Dedid Kurniawan - 03 Abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
41118310078 - Kuntoro Dedid Kurniawan - 04 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
Text (BAB 2)
41118310078 - Kuntoro Dedid Kurniawan - 05 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) |
||
Text (BAB 3)
41118310078 - Kuntoro Dedid Kurniawan - 06 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text (BAB 4)
41118310078 - Kuntoro Dedid Kurniawan - 07 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
||
Text (BAB 5)
41118310078 - Kuntoro Dedid Kurniawan - 08 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41118310078 - Kuntoro Dedid Kurniawan - 09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
41118310078 - Kuntoro Dedid Kurniawan - 10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
||
Text (JURNAL)
41118310078 - Kuntoro Dedid Kurniawan - 11 Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
Abstract
Kota Tangerang Selatan mengalami pertumbuhan penduduk yang signifikan yang dipicu oleh banyaknya yang bekerja di Jakarta namun memilih tinggal di wilayah sekitar seperti Tangerang Selatan. Peningkatan volume kendaraan dan perluasan prasarana transportasi menjadi konsekuensi langsung dari pertumbuhan tersebut. Jalan W.R Supratman, sebagai salah satu ruas jalan utama, terkena dampak kemacetan akibat lonjakan jumlah kendaraan dan faktor-faktor lain seperti penutupan perlintasan kereta api serta aktivitas intensif di sekitarnya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kinerja ruas jalan W.R Supratman pada saat jam sibuk, mengetahui pengaruh penutupan perlintasan kereta api terhadap kinerja lalu lintas di jalan W.R Supratman, dan memberikan solusi untuk memperbaiki kemacetan yang terjadi karena pertemuan antara ruas jalan dan perlintasan kereta api. Penelitian ini menggunakan metode metode shockwave yang untuk menganalisis panjang antrian dan waktu tundaan, serta memahami hubungan volume, kecepatan, dan kerapatan lalu lintas melalui metode greenshield. Untuk menentukan kapasitas ruas jalan dalam penelitian ini mengacu pada MKJI 1997. Tingkat pelayanan jalan tertinggi terjadi pada hari Senin 5 Juni 2023 dengan nilai DS = 0,76 dengan tingkat pelayanan adalah D yang menunjukan arus mulai tidak stabil namun kecepatan kendaraan masih dapat dikendalikan dan nilai rasio volume terhadap kapasitas (V/C) masih dapat ditoleransi. Berdasarkan hasil perhitungan shockwave dan greenshield, didapat koefisien determinasi yang terbesar dengan nilai (R2) = 0,952 terjadi pada hari Sabtu, 3 Juni 2023. Penutupan palang pintu kereta api terlama dengan durasi penutupan 299 detik. Dengan panjang antrian terbesar adalah (Qm) = 987,18 meter dengan tundaan sebesar 5165,44 detik di jam 08.00 - 09.00. Kata kunci: Kinerja Ruas Jalan, Perlintasan Sebidang, Karakteristik Lalu Lintas, Metode Shockwave, Metode Greenshields.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41118310078 |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Ruas Jalan, Perlintasan Sebidang, Karakteristik Lalu Lintas, Metode Shockwave, Metode Greenshields. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 07:15 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 07:15 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85752 |
Actions (login required)
View Item |