PENGARUH PESAN KAMPANYE #ONEDAYONETRASHBAG DI SOSIAL MEDIA TIKTOK PADA AKUN @PANDAWARAGROUP TERHADAP SIKAP KHALAYAK DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN TERHADAP KEBERSIHAN LINGKUNGAN

KOMALA, INTAN (2024) PENGARUH PESAN KAMPANYE #ONEDAYONETRASHBAG DI SOSIAL MEDIA TIKTOK PADA AKUN @PANDAWARAGROUP TERHADAP SIKAP KHALAYAK DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN TERHADAP KEBERSIHAN LINGKUNGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (534kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)

Abstract

This research aims to determine the extent of the influence of campaign messages through the TikTok social media platform on the @pandawaragroup account regarding the public's attitudes towards fostering environmental awareness. Campaign messages are the content conveyed by a company or organization as the communicator in a campaign. Attitude is a term that describes someone's desire, pleasure, displeasure, or neutral feelings towards something, whether it be a product, service, event, situation, person, or group. This research employs a quantitative method within the positivism paradigm. The population in this study consists of followers of the TikTok account @pandawaragroup, totaling 6,800,000 individuals. Sampling is conducted using probability sampling techniques with a sample size of 100 students. A questionnaire is used for data collection. The data analysis technique employed is simple linear regression analysis with the assistance of SPSS version 26. The results of the data analysis lead to the conclusion that there is an influence of the #onedayonetrashbag Campaign Message on TikTok on the @Pandawaragroup Account Regarding Public Attitudes in Fostering Environmental Awareness, amounting to 47.1%, with 52.9% influenced by external factors not examined in this study.. Keywords: Campaign Message, Pandawara Group, Attitude, Tiktok, Social Media Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pesan kampanye melalui media sosial tiktok pada akun @pandawaragroup terhadap sikap khalayak dalam menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan. Pesan kampanye merupakan isi pesan yang disampaikan oleh kampanye perusahaan atau organisasi sebagai komunikator dalam sebuah kampanye. Sikap merupakan istilah yang menggambarkan suatu keinginan, rasa senang, tidak senang atau perasaan perasaan biasa biasa saja dari seseorang terhadap sesuatu, bisa suatu produk, jasa, suatu kejadian, situasi, orang maupun kelompok Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif paradigma positivisme. Populasi pada penelitian ini merupakan followers pada akun tiktok @pandawaragroup yang berjumlah 6.800.000 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jumlah sampel 100 mahasiswa. Digunakan kueisoner untuk Teknik pengumpulan datanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan Aplikasi SPSS versi 26. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu, menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara Pesan Kampanye #onedayonetrashbag di Sosial Media Tiktok pada Akun @Pandawaragroup Terhadap Sikap Khalayak Dalam Menumbuhkan Kepedulian Terhadap Lingkungan sebesar 47.1% dan 52.9% dipengaruhi dari luar yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pesan Kampanye, Pandawara Group, Sikap, Tiktok, Media Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 013
Call Number: SK/42/24/011
NIM/NIDN Creators: 44220010090
Uncontrolled Keywords: Pesan Kampanye, Pandawara Group, Sikap, Tiktok, Media Sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 170 Ethics, Moral Philosophy/Etika, Filsafat Moral > 171 Ethical Systems/Sistem Etika > 171.2 Intuition, Moral Sense, Reason/Intuisi, Sikap Moral, Alasan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:10
Last Modified: 29 Jan 2024 06:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85563

Actions (login required)

View Item View Item