ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI RUAS JALAN ALTERNATIF CIBUBUR

UTOMO, YUDHI (2022) ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI RUAS JALAN ALTERNATIF CIBUBUR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
41118210039 - Yudhi Utomo - 01 Cover.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
41118210039 - Yudhi Utomo - 02 Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text
41118210039 - Yudhi Utomo - 03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
41118210039 - Yudhi Utomo - 03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
41118210039 - Yudhi Utomo - 04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
41118210039 - Yudhi Utomo - 05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
41118210039 - Yudhi Utomo - 06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
41118210039 - Yudhi Utomo - 07 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
41118210039 - Yudhi Utomo - 08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
41118210039 - Yudhi Utomo - 09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu peristiwa yang terjadi di jalan secara tidak terduga atau tidak disengaja yang melibatkan satu kendaraan dengan kendaraan yang lain ataupun dengan manusia yang mengakibatkan korban jiwa dan kerugian materil. Jumlah kecelakaan lalu lintas yang meningkat setiap tahun dapat diakibatkan oleh faktor pengemudi, kendaraan, jalan raya serta lingkungannya. Jumlah kecelakaan lalu lintas yang meningkat setiap tahun dapat diakibatkan oleh faktor pengemudi, kendaraan, jalan raya, serta lingkungannya. Di Indonesia sendiri kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu permasalahan dalam bidang transportasi. Pencegahan yang dilakukan selama ini untuk mengantisipasi kecelakaan hanya bedasarkan data kuantitas kecelakaan yang telah terjadi. Padahal faktor atau kejadian yang dapat menyebabkan kecelakaan menjadi penyumbang terbesar dalam terjadinya kecelakaan. Sebagai contoh, mengemudikan kendaraan secara tidak tertib, laju kendaraan dengan kecepatan diatas rata-rata yang sudah ditetapkan peraturan lalu lintas dan kondisi jalan yang tidak standar. Data sekunder kecelakaan lalu lintas Jalan Alternatif Cibubur tahun 2018 – 2020 didapatkan dari IRSMS. Bedasarkan data tersebut, dihitung angka kecelakaan dengan metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan Upper Control Limit (UCL). Data primer diperoleh dari hasil pengamatan dan survey dengan form chechlist dan indikator keselamatan unruk mendapatkan upaya dan penanganan kecelakaan. Bedasarkan analisis daerah rawan kecelakaan di Ruas Jalan Alternatif Cibubur tahun 2018 – 2020. Setelah mendapatkan data tersebut mengaplikasikannya pada metode AEK dan UCL, pada penelitian ini saya mengelompokan ruas jalan menjadi 17 segmen yang dimana di mulai pada perbatasan antara Jakarta Timur dan Depok sampai Bogor. Setelah mengelompokan data kecelakaan tersebut sesuai segmen yang telah di tentukan dengan melihat dari titik koordinat setiap kecelakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada segmen 2 merupakan daerah rawan kecelakaan. Dan setelah mensurvei pada segmen 2 di dapati bahwa pada segmen tersebut tidak terdapat marka jalan, rambu-rambu jalan yang masih minim, terdapat beberapa jalan rusak serta penerangan jalan yang tidak merata.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41118210039
Uncontrolled Keywords: AEK, UCL, Jalan Alternatif Cibubur, Daerah rawan kecelakaan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:22
Last Modified: 24 Jan 2024 06:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85536

Actions (login required)

View Item View Item