IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN PRODUK HIJAB PADA TOKO HAWFATHINGS.ID

TAUHID, AINUN KAMAL (2024) IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN PRODUK HIJAB PADA TOKO HAWFATHINGS.ID. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
KOMPRE+41519010160+AINUN KAMAL TAUHID.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This study aims to determine the results of data accuracy in the process of calculating the number of sales of several hijab products based on data obtained from January to September 2022 at the Hawdathings.id store by applying the C4.5 algorithm. The author limits the problem to using only hijab products. The data in this study is a data set of hijab product sales results from Shopee sales results. The type of data collection used uses primary data collection. the method used by the author in this study uses quantitative methods. Some previous studies have implemented data mining using the C4.5 algorithm, one of which was researched by M. Makmun Effendi and Diah Rahmawati, who made predictions of sales products that sell well and sell less in the market which aims to benefit the company in order to maintain stock stability to fulfill products, By using a decision tree, the C4.5 algorithm is able to predict research results with high accuracy. Data analysis using this algorithm has an accuracy rate of up to 93%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil akurasi data proses penghitungan jumlah penjualan beberapa produk hijab berdasarkan data yang didapat dari bulan Januari sampai September tahun 2022 pada di toko Hawdathings.id dengan menerapkan algoritma C4.5. Penulis membatasi masalah hanya dengan menggunakan produk hijab saja. Data dalam penelitian ini adalah data set hasil pejualan produk hijab dari hasil penjualan Shopee. Jenis pengambilan data yang digunakan menggunakan pengambilan data primer. metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Beberapa penelitian sebelumnya sudah melakukan impelementasi data mining menggunakan Algoritma C4.5 salah satunya adalah yang diteliti oleh M. Makmun Effendi dan Diah Rahmawati, yang melakukan prediksi terhadap produk penjualan yang laku dan kurang laku dipasaran yang bertujuannuntuk menguntungkan perusahaan agar terjaga kestabilan stok untuk memenuhi produk, Dengan menggunakan pohon keputusan, algoritma C4.5 mampu memprediksi hasil penelitian dengan akurasi yang tinggi. Analisa data menggunakan algoritma ini memiliki tingkat akurasi sampai dengan 93%.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/INFO. 24 003
NIM/NIDN Creators: 41519010160
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN PRODUK HIJAB PADA TOKO HAWFATHINGS.ID
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik > 518.1 Algorithms/Algoritma
600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu > 680.1-680.9 Standard Subdivisions of Manufacture For Specific Uses/Subdivisi Standar Dari Industri Pembuatan Produk Untuk Penggunaan Tertentu
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 730 Plastic Arts and Sculpture/Seni Plastik dan Seni Patung > 739 Art Metalwork/Seni Logam, Kerajinan Logam > 739.4 Iron Art Works/Seni Logam Besi > 739.48 Products/Produk
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:18
Last Modified: 15 Jan 2024 06:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85377

Actions (login required)

View Item View Item