HUBUNGAN ANTARA PERASAAN LONELINESS DAN BODY IMAGE DENGAN COMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM DI JAWA BARAT

SOESILOWATI, PUTRI MEGASARI (2023) HUBUNGAN ANTARA PERASAAN LONELINESS DAN BODY IMAGE DENGAN COMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM DI JAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
46119210049- PUTRI MEGASARI SOESILOWATI-01 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
46119210049- PUTRI MEGASARI SOESILOWATI-02 Abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
46119210049- PUTRI MEGASARI SOESILOWATI-03 BAB 1 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
46119210049- PUTRI MEGASARI SOESILOWATI-04 BAB 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
46119210049- PUTRI MEGASARI SOESILOWATI-05 BAB 3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
46119210049- PUTRI MEGASARI SOESILOWATI-06 BAB 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
46119210049- PUTRI MEGASARI SOESILOWATI-07 BAB 5docx (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
46119210049- PUTRI MEGASARI SOESILOWATI-08 Daftar Pustaka docx (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
46119210049- PUTRI MEGASARI SOESILOWATI-09 Lampiran docx (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Perasaan Loneliness dan Body Image dengan Compulsive Buying Pada Pengguna Instagram di Jawa Barat Aktivitas berbelanja merupakan kebutuhan setiap individu, terutama bagi seorang mahasiswa/i dalam menjaga penampilannya didepan umum. Sehingga, aktivitas belanja yang memiliki nilai positif yang akan melahirkan perasaan percaya diri dan membuat mahasiwa memiliki penilaian baik terhadap dirinya dari lingkungan sosial. Beberapa faktor yang mempengaruhi perasaan mahasiswa terhadap rasa kepercayaan dirinya didominasi oleh perasaan loneliness, dan memiliki penilaian body image, sehingga mahasiswa melakukan aktivitas compulsive buying untuk menunjang kebutuhan dirinya. Penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif, dengan instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini berasal dari 3 variabel dan telah dilakukan adaptasi pada 3 alat ukur yang akan digunakan dalam penelitian ini, yaitu YBOCS-SV dalam pengukuran variabel compulsive buying dengan menggunakan 10 item pernyataan dan diadaptasi oleh peneliti berdasarkan dimensi yang digunakan oleh Wayne K. Goodman et.al (1989a, 1989b) yaitu, cognitive dan behavioral. Kedua, UCLA Loneliness Scale 3 dalam pengukuran variabel loneliness, pada alat ukur ini juga dilakukannya adaptasi dari dimensi dari Russell (1996) yaitu, Kepribadian, Kepatutan Sosial, dan Depresi dengan 20 item pernyataan. Ketiga, BIAQ (Body Image Avoidance Questionnaire) yang berisi 19 item dan diadaptasi oleh peneliti berdasarkan dimensi yang digunakan oleh James Rosen C, dkk (1991) yaitu Pakaian, Kegiatan sosial, Pembatasan makan dan Perawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang kuat dan positif antara ketiga variabel tersebut, sehingga aktivitas belanja secara terus-menerus yang dilakukan mahasiswa dapat menghasilkan sisi positif bagi diri mahasiswa dalam mencegah adanya perasaan loneliness dan penilaian body image negatif terhadap diri sendiri. Keywords: Compulsive Buying, Loneliness, Body Image ABSTRAK Hubungan Antara Perasaan Loneliness dan Body Image dengan Compulsive Buying Pada Pengguna Instagram di Jawa Barat Aktivitas berbelanja merupakan kebutuhan setiap individu, terutama bagi seorang mahasiswa/i dalam menjaga penampilannya didepan umum. Sehingga, aktivitas belanja yang memiliki nilai positif yang akan melahirkan perasaan percaya diri dan membuat mahasiwa memiliki penilaian baik terhadap dirinya dari lingkungan sosial. Beberapa faktor yang mempengaruhi perasaan mahasiswa terhadap rasa kepercayaan dirinya didominasi oleh perasaan loneliness, dan memiliki penilaian body image, sehingga mahasiswa melakukan aktivitas compulsive buying untuk menunjang kebutuhan dirinya. Penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif, dengan instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini berasal dari 3 variabel dan telah dilakukan adaptasi pada 3 alat ukur yang akan digunakan dalam penelitian ini, yaitu YBOCS-SV dalam pengukuran variabel compulsive buying dengan menggunakan 10 item pernyataan dan diadaptasi oleh peneliti berdasarkan dimensi yang digunakan oleh Wayne K. Goodman et.al (1989a, 1989b) yaitu, cognitive dan behavioral. Kedua, UCLA Loneliness Scale 3 dalam pengukuran variabel loneliness, pada alat ukur ini juga dilakukannya adaptasi dari dimensi dari Russell (1996) yaitu, Kepribadian, Kepatutan Sosial, dan Depresi dengan 20 item pernyataan. Ketiga, BIAQ (Body Image Avoidance Questionnaire) yang berisi 19 item dan diadaptasi oleh peneliti berdasarkan dimensi yang digunakan oleh James Rosen C, dkk (1991) yaitu Pakaian, Kegiatan sosial, Pembatasan makan dan Perawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang kuat dan positif antara ketiga variabel tersebut, sehingga aktivitas belanja secara terus-menerus yang dilakukan mahasiswa dapat menghasilkan sisi positif bagi diri mahasiswa dalam mencegah adanya perasaan loneliness dan penilaian body image negatif terhadap diri sendiri. Keywords: Compulsive Buying, Loneliness, Body Image

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI 23 032
NIM/NIDN Creators: 46119210049
Uncontrolled Keywords: Compulsive Buying, Loneliness, Body Image
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 03 Jan 2024 08:18
Last Modified: 03 Jan 2024 08:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85100

Actions (login required)

View Item View Item