HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJAR

PUTRI, SALSA SEVIA (2022) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJAR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
46118210082 - Salsa Sevia Putri - 01 Cover.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
46118210082 - Salsa Sevia Putri - 02 Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
46118210082 - Salsa Sevia Putri - 03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
46118210082 - Salsa Sevia Putri - 04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
46118210082 - Salsa Sevia Putri - 05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
46118210082 - Salsa Sevia Putri - 06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
46118210082 - Salsa Sevia Putri - 07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
46118210082 - Salsa Sevia Putri - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
46118210082 - Salsa Sevia Putri - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah suatu perubahan energi dari dalam diri seorang pelajar khususnya pada saat sedang belajar. Dengan adanya motivasi belajar, siswa memiliki dorongan dari dalam dirinya untuk belajar sehingga tujuannya untuk menyelesaikan tugas sekolahnya dapat tercapai. Namun, di era teknologi seperti saat ini, motivasi belajar dapat menurun dikarenakan adanya gangguan dari lingkungan eksternal seperti internet dan media sosial yang mana dapat mengakibatkan penggunaan media sosial semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intesnsitas penggunaan media sosial dengan motivasi belajar pada pelajar. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 397 subjek dengan pengambilan data subjek menggunakan Google Form. Pengambilan sampel ini dilakukan menggunakan Teknik Purposive Sampling, yaiu Teknik pengambilan data sampel dengan pertimbangan tertentu. Analisis pada penelitian ini menggunakan korelasi Product moment dari Pearson. Hasil analisis menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dengan motivasi belajar, sehingga hasil penelitian ini menunjuan bahwa hipotesis pada penelitian ini ditolak. Kata Kunci: Intensitas Media Sosial, Motivasi Belajar, Pelajar Learning motivation is a change of energy from within a student, especially when studying. With the motivation to learn, students have encouragement from within themselves to learn so that their goal of completing school assignments can be achieved. However, in the current technological era, learning motivation can decrease due to interference from the external environment such as the internet and social media which can result in increased use of social media. This study aims to determine the relationship between the intensity of social media use and motivation to learn in students. The subjects in this study were 397 subjects with subject data retrieval using the Google Form. Sampling was carried out using a purposive sampling technique, namely a sample data collection technique with certain considerations. The analysis in this study uses the Product moment correlation from Pearson. The results of the analysis show that there is no significant relationship between the intensity of social media use and learning motivation, so the results of this study show that the hypothesis in this study is rejected. Keywords: Intensity Media Sosial Use, Learning Motivation, Students.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI 22 001
NIM/NIDN Creators: 46118210082
Uncontrolled Keywords: Intensitas Media Sosial, Motivasi Belajar, Pelajar
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:10
Last Modified: 02 Jan 2024 07:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85065

Actions (login required)

View Item View Item