PERANCANGAN CREATIVE CONTENT DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA UMKM YETTY FLORIST DI DKI JAKARTA

SAMUDRA, ARDIKA RISQI (2023) PERANCANGAN CREATIVE CONTENT DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA UMKM YETTY FLORIST DI DKI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. COVER.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB VI)
08. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)

Abstract

Creative Content is information that contains things that are created using a variety of approaches either that have never existed before or old things but are packaged again following current developments. With this very easy and fastpaced access, it is very much utilized by small SME entrepreneurs to be bolder in terms of promoting their products and services. The SME that is the subject of the research is Yetty Florist SME, which has been around for 30 years. The problems experienced by Yetty Florist SME are lack of marketing strategies, not using social media, and not understanding digital media. Therefore, the author as Creative Content carries out creative content creation activities such as creating logo branding and taglines, product photography, creating social media content, creating business cards and creating e-flyers for Yetty Florist's Instagram. Before starting mentoring, our team asked for partner information to get detailed information about the problems they wanted to solve. And the goals that we expect from this TAPN can also help the owner of these SME and can increase brand awareness of Yetty Florist. After the assistance was carried out for 6 - 7 months (January-July period) 2023 through online activities, there was an increase in brand awareness and also Instagram followers through promotions, and creative content that has been carried out. And with this, Instagram users visit (@yettyflorist27) more often. And also an increase in engagement every month. Keywords: Brand Awareness, Branding, Content, SME Konten Kreatif adalah informasi yang berisi hal-hal yang diciptakan dengan menggunakan berbagai macam pendekatan baik yang belum pernah ada sebelumnya atau hal lama namun dikemas lagi mengikuti perkembangan sekarang. Dengan akses yang sangat mudah dan serba cepat ini sangat dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil UMKM untuk lebih berani dalam hal mempromosikan produk dan jasanya. UMKM yang menjadi subjek penelitian yaitu UMKM Yetty Florist, yang sudah lama berada sejak 30 tahun yang lalu. Permasalahan yang dialami oleh UMKM Yetty Florist yaitu kurang startegi pemasaran, tidak memakai media sosial, dan kurang memahami media digital. Oleh karena itu penulis sebagai Creative Content melakukan kegiatan pembuatan konten kreatif seperti membuat penjenamaan logo, dan tagline, fotografi produk, membuat konten media sosial, membuat kartu bisnis dan membuat e-flyer untuk instagram Yetty Florist. Sebelum memulai pendampingan, tim kami meminta keterangan mitra untuk mendapatkan informasi detail mengenai permasalahan yang ingin di selesaikan. Dan tujuan yang kami harapkan dari TAPN ini juga bisa membantu pemilik UMKM tersebut serta dapat meningkatkan brand awareness dari Yetty Florist. Setelah dilakukannya pendampingan selama 6 – 7 Bulan (periode Januari- Juli) 2023 melalui kegiatan daring, terjadinya peningkatkan brand awareness dan juga pengikut instagram melalui promosi, dan konten kreatif yang telah dijalankan. Serta dengan ini para pengguna Instagram jadi lebih sering mengunjungi (@yettyflorist27). Dan juga kenaikan engagement setiap bulannya. Kata Kunci: Kesadaran Merek, Penjenamaan, Konten, UMKM

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 23 057
Call Number: SK/43/23/040
NIM/NIDN Creators: 44319010003
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Merek, Penjenamaan, Konten, UMKM
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:18
Last Modified: 01 Dec 2023 02:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84003

Actions (login required)

View Item View Item