ANALISISFORECASTINGPEMELIHARAAN REL PADA LENGKUNGKM 2+400–2+800DI MRT JAKARTA

KURNIAWAN, MOCHAMMAD RIZKY (2021) ANALISISFORECASTINGPEMELIHARAAN REL PADA LENGKUNGKM 2+400–2+800DI MRT JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Mass Rapid Transit Jakarta (MRT JAKARTA) merupakan unit Pelaksana Teknis di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang memiliki tugas dalam pengoprasian perkeretaapian dari Lebak bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia. Saat ini MRT Jakarta Fase 1 memiliki panjang jalur track sepanjang 15,7 km, track MRT ini memiliki beberapa kriteria jalur diantaranya adalah jalur layang, jalur transisi, dan jalur bawah tanah. Pada jalur layang MRT jakarta salah satunya memiliki jalur lengkung atau lengkung dengan panjang radius 180 meter yang berada di antara stasiun Fatmawati dan stasiun Cipete Raya, lengkung ini memiliki radius yang cukup kecil yang nantinya pada saat proses perawatan jalur track ini akan memiliki prioritas lebih besar. Diantara salah satu pekerjaan perawatan tersebut, terdapat pekerjaan monitoring keausan rel secara berkala untuk mendapatkan kondisi serta memastikan rel yang ada di lengkung ini masih dapat dilalui kereta dengan aman. Namun, pengukuran yang di lakukan oleh tim Maintenance ini hanya dapat menentukan layak dan tidaknya rel dengan cara pengecekan berkala tanpa dapat menentukan sisa atau masa pakai dari rel tersebut, hal ini di khawatirkan dapat membuat tim Maintenance tidak memiliki kesiapan yang baik dalam mengantisipasi jika terjadi kerusakan atau masalah yang terjadi pada lengkung MRT Jakarta nantinya, oleh karena itu maka perlu dilakukan analisa lebih mendalam untuk mengetahui waktu dan umur pemakaian dari rel yang ada di lengkung MRT Jakarta agar di dapatkan hasil yang pasti tahun ke berapa rel harus di ganti dan diperbaiki nantinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peramalan atau forecasting menggunakan regresi linier sederhana. Data sekunder yang didapat dari perusahaan PT. MRT Jakarta mengenai nilai keausan rel akan dijadikan data patokan yang nantinya data tersebut akan digunakan dalam analisis dan pembahasan. Dari hasil analisis dan pengolahan data didapatkan bahwa umur atau masa pakai rel yang ada di lengkung KM 2+400 – 2+800 MRT Jakarta dapat ditentukan atau diketahui dari besarnya nilai keausan yang ada. Batas maksimal nilai keausan rel berdasarkan pada Peraturan Dinas No. 10 Tahun 1986 yaitu sebesar 15 mm. Apabila nilai keausan yang ada telah mencapai atau melebihi angka 15 mm, maka disitulah batas maksimal umur dari rel tersebut. Sedangkan untuk umur atau masa pakai rel yang ada di lengkung 1 memiliki masa pakai sekitar 12 Tahun yaitu pada Bulan Agustus Tahun 2032 dengan nilai keausan sebesar 14,989 mm terhitung dari diambilnya data. Dan lengkung 2 juga memiliki masa pakai sekitar 12 Tahun yaitu pada bulan Januari di Tahun 2032 dengan nilai keausan sebesar 14,958 mm terhitung dari diambilnya data. Kata Kunci : MRT Jakarta, Forecasting, Regresi Linier Sederhana, Masa Pakai Rel

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41118120060
Uncontrolled Keywords: MRT Jakarta, Forecasting, Regresi Linier Sederhana, Masa Pakai Rel
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: ASHAIDAH AZLYA PUTRI
Date Deposited: 06 Nov 2023 08:59
Last Modified: 06 Nov 2023 08:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83924

Actions (login required)

View Item View Item