PENGARUH KAMPANYE ADAPTASI KEBIASAAN BARU OLEH KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DIT.PROMKES TERHADAP PERUBAHAN SIKAP FOLLOWERS

ANDINI, MIA AYU (2021) PENGARUH KAMPANYE ADAPTASI KEBIASAAN BARU OLEH KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DIT.PROMKES TERHADAP PERUBAHAN SIKAP FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)

Abstract

Public Relations in a company is an important role to build communication with their audience. A company sends messages to the public in various ways, such as by using social media. Instagram is a social media that is currently booming as a publication tool for companies. The purpose of this study was to determine and explain to what extent the influence by using social media instagram @Dit.promkes on changes in followers' attitudes The conceptual approach used in this research is the limited effect theory. In Limited Effects Theory,where the media have limited influence or impact because the impact is mitigated by the interference of various parties. Another theory is the Limited Effect theory, which is a mass communication theory that emphasizes the power of the media to change behavior. With quantitative research approach, population in this research is followers on Instagram @Dit.promkes with a total of 400 respondent. Data collection techniques used survey methods by distributing questionnaires. The results of this study indicate that there is an influence between the campaigns of the Indonesian Ministry of Health through social media Instagram @ Dit.promkes. Based on the regression tests that have been conducted, the R square value is 0.167. Thus it can be concluded that the effect of the new habit adaptation campaign by the ministry of health through social media Instagram @ Dit.promkes towards changes in followers' attitudes) "has an effect of 16.7%. Keywords: Public Relations, Campaign, Social Media Instagram Public Relations dalam sebuah perusahaan sangat berperan penting untuk membangun komunikasi kepada audiensnya.Sebuah perusahaan dan lembaga pemerintahan melakukan pengiriman pesan kepada publiknya melalui berbagai cara seperti dengan menggunakan media sosial. Instagram merupakan media sosial yang saat ini selalu menjadi alat publikasi bagi perusahaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan sejauh mana Pengaruh kampanye adaptasi kebiasaan baru oleh kementerian kesehatan republik Indonesia melalui media sosial instagram @Dit.promkes terhadap perubahan sikap followers Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori efek terbatas (limited effect theory). Dalam Limited Effects Theory, dimana media mempunyai pengaruh atau dampak terbatas karena dampak tersebut diringankan oleh campur tangan berbagai pihak.Teori lainnya adalah teori efek terbatas (Limited Effect) yang merupakan teori komunikasi massa yang menekankan pada kekuatan media untuk mengubah perilaku. Dengan pendekatan penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah followers pada Instagram @Dit.promkes dengan total 400 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kampanye Kementerian Kesehatan RI melalui media sosial Instagram @Dit.promkes.Berdasarkan uji regresi yang telah dilakukan, diperoleh nilai R square sebesar 0.167.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengaruh kampanye adaptasi kebiasaan baru oleh kementerian kesehatan republik Indonesia melalui media sosial instagram @Dit.promkes terhadap perubahan sikap followers)” berpengaruh sebesar 16,7%. Kata Kunci: Public Relations, Kampanye, Media Sosial Instagram

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44217010008
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Kampanye, Media Sosial Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 170 Ethics, Moral Philosophy/Etika, Filsafat Moral > 174 Occupational Ethics/Etika Jabatan, Etika Profesi > 174.2 Medical Ethics Professions/Etika Medis, Etika Kesehatan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 350 Public Administration and Military Science/Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 353 Specific Field of Public Administration/Administrasi Negara yang Membawahi Bidang Khusus, Departemen > 353.6 Administration of Health Services/Departemen Kesehatan (Depkes)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:00
Last Modified: 06 Nov 2023 04:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83879

Actions (login required)

View Item View Item