PSIKOGRAFIS KARAKTERISTIK KONSUMEN PAKAIAN BEKAS PADA MAHASISWA JAKARTA

ALVIANTY, MUTIARA (2021) PSIKOGRAFIS KARAKTERISTIK KONSUMEN PAKAIAN BEKAS PADA MAHASISWA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

Psychographics as a study of what constitutes a consumer's character psychologically. This study seeks to identify the characteristics of consumers who are Jakarta students as the perpetrators of buying used clothes called Thifting. Using a measuring instrument of consumer behavior and consumer perceptions with the number of respondents as many as 400 active students in Jakarta who do thrifting. It was identified that used clothing consumers were 235 male students and 165 female students from 259 private university students and 141 public university students who thrifted in the secondhand clothing market as their location for buying used clothes with the purchase intensity of more than ten pieces of clothing in one. years and 75% of the respondents in this study were promoters of buying used clothes. It was found that the results of the consumer behavior variable where psychological factors found the largest mean, amounting to 4.02 in the statement item that motivation, insight, belief and attitude influence consumers in buying used clothes and on the consumer perception variable where external factors found the highest mean of 3.88 for statement items wearing used clothes is one way for consumers to protect the environment (go-green). Keywords: Psychographic Characteristics, College Student, Used Clothes Consumers Psikografis sebagai kajian tentang apa yang membentuk karakter seorang konsumen secara psikologis. Penelitian ini berupaya mengidentifikasi karakteristik konsumen yang berstatus mahasiswa Jakarta sebagai pelaku pembelian pakaian bekas yang disebut dengan Thifting. Menggunakan alat ukur dari perilaku konsumen dan persepsi konsumen dengan jumlah responden sebanyak 400 mahasiswa aktif Jakarta pelaku thrifting. Teridentifikasi bahwa konsumen pakaian bekas merupakan 235 mahasiswa laki – laki dan 165 mahasiswa perempuan yang berasal dari 259 mahasiswa universitas swasta dan 141 mahasiswa universitas negeri yang melakukan thrifting dipasar pakaian bekas sebagai lokasi mereka membeli pakaian bekas dengan intensitas pembelian sebanyak lebih dari sepuluh potong pakaian dalam satu tahun serta 75 persen responden pada penelitian ini merupakan promotor pembelian pakaian bekas. Ditemukan hasil dari variable perilaku konsumen dimana faktor psikologis mendapati mean terbesar yakni berjumlah 4,02 pada item pernyataan bahwa motivasi, wawasan, kepercayaan dan sikap memengaruhi konsumen dalam membeli pakaian bekas dan pada variabel persepsi konsumen dimana faktor eksternal mendapati mean tertinggi sebesar 3,88 untuk item pernyataan mengenakan pakaian bekas merupakan salah satu cara konsumen untuk melakukan go-green . Kata Kunci: Psikografis Karakteristik, Mahasiswa, Konsumen Pakaian Bekas

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 46115010036
Uncontrolled Keywords: Psikografis Karakteristik, Mahasiswa, Konsumen Pakaian Bekas
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 100. Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 100.1-100.9 Standard Subdivisions of Philosophy and Psychology/Subdivisi Standar Dari Filsafat dan Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian > 334.5 Consumer Cooperatives/Koperasi Konsumen
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:10
Last Modified: 03 Nov 2023 01:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83726

Actions (login required)

View Item View Item