NINGRUM, OGRIVIA RATIH PUSPA (2021) PENGARUH PEMROSESAN INFORMASI PERIKLANAN TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
01. COVER -Ogrivia Ratih.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text (BAB I)
02. BAB I - Ogrivia Ratih.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
Text (BAB II)
03. BAB II - Ogrivia Ratih.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
Text (BAB III)
04. BAB III - Ogrivia Ratih.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
Text (BAB IV)
05. BAB IV - Ogrivia Ratih.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
|
Text (BAB V)
06. BAB V - Ogrivia Ratih.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA - Ogrivia Ratih.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN - Ogrivia Ratih.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Internet users are increasing every year and the current pandemic conditions indicate an increase in online shopping transactions. Indonesian consumers remain the most active online shoppers, and around 14% of them shop online using smartphones, tablets or other mobile devices. One of the e-commerce is Tokopedia, in increasing its transactions, it carries out advertising activities with the aim that people are interested in opening the Tokopedia application and making transactions on the application. Waktu Indonesia Belanja program using the K-POP model that is currently in demand by the public has become an advertising program carried out by Tokopedia. The approach in this research is the processing of Tokopedia's advertising information using the Heuristic Systematic Model for purchasing decisions. This study aims to determine the effect of Tokopedia's advertising information processing on purchasing decisions at Mercu Buana University Jakarta students using the Heuristic Systematic Model.. Data analysis in this study was carried out by distributing questionnaires to 384 respondents who became the sample of this study where the sampling technique was proportional stratified random sampling, then further analysis was carried out with multiple linear regression models using the SPSS program. The results showed that there was a positive and significant influence between advertising processing carried out heuristically on purchasing decisions, as well as advertising processing carried out systematically which showed a positive and significant influence on purchasing decisions. The magnitude of the effect of systematic processing on purchasing decisions is greater than that of heuristic processing. Simultaneously, advertising processing which is carried out heuristically and systematically shows a positive and significant influence on purchasing decisions. Keywords: Heuristic and Systematic Models, Purchase Decisions, Advertising, Market Places, E-Commerce Pengguna internet yang meningkat setiap tahunnya serta kondisi pandemi saat ini menunjukkan adanya peningkatan transaksi belanja online. Konsumen Indonesia tetap menjadi pelaku belanja online yang paling aktif, dan sekitar 14% di antaranya berbelanja online dengan menggunakan ponsel pintar, tablet atau perangkat mobile lainnya. Salah satu e-commerce yaitu Tokopedia dalam meningkatkan transaksinya melakukan kegiatan periklanan dengan bertujuan supaya masyarakat tertarik untuk membuka aplikasi Tokopedia dan melakukan transaksi pada aplikasi tersebut. Waktu Indonesia Belanja dengan menggunakan model dari K-POP yang sedang diminati oleh masyarakat menjadi program iklan yang dilakukan oleh Tokopedia. Pendekatan pada penelitian ini adalah pemrosesan informasi periklanan Tokopedia dengan menggunakan Heuristic Systematic Model terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemrosesan informasi periklanan tokopedia terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta dengan Heuristic Systematic Model. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 384 responden yang menjadi sampel penelitian ini dimana teknik pengambilan sampel Proposional stratified random sampling, kemudian dilakukan analisa lebih lanjut dengan dengan model regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara pemrosesan periklanan yang dilakukan secara heuristik terhadap keputusan pembelian, begitu juga dengan pemrosesan periklanan yang dilakukan secara sistematik yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh pemrosesan secara sistematik terhadap keputusan pembelian lebih besar daripada pemrosesan secara heuristik. Secara simultan pemrosesan periklanan yang dilakukan secara heuristik dan sistematik menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: Model Heuristik dan Sistematik, Keputusan Pembelian, Periklanan, Market Place, E-Commerce
Actions (login required)
View Item |