“POLA KOMUNIKASI KELOMPOK DIGITAL PROFESIONAL PLAYER GAME ONLINE MOBILE LEGENDS ” ( Studi kasus pada Profesional Player E-Sport Gucci Gang Tangerang dalam kompetisi GPX CUP )

ATMAJA, BAYU KUSUMA (2021) “POLA KOMUNIKASI KELOMPOK DIGITAL PROFESIONAL PLAYER GAME ONLINE MOBILE LEGENDS ” ( Studi kasus pada Profesional Player E-Sport Gucci Gang Tangerang dalam kompetisi GPX CUP ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER&JUDUL.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)

Abstract

Didalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian mengenai pola komunikasi kelompok yang terjadi didalam sebuah kelompok, tepatnya pada kelompok pemain game online yang popular dimainkan di smartphone yakni game Mobile Legends. Penelitian ini bertujuan meneliti pola komunikasi kelompok yang digunakan dalam permainan dari anggota-anggota inti E-sport Gucci Gang game Mobile Legends di Tangerang. Untuk mendeskripsikan persoalan pola komunikasi dalam game Mobile Legends tersebut, peneliti menggunakan paradigma konstruktivis dan jenis penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan lima konsep teori yaitu, proses komunikasi, komunikasi kelompok, teori pencapaian kelompok, proses komunikasi kelompok dan pola komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua pola komunikasi berbeda yang E-sport Gucci Gang gunakan, yakni pola komunikasi spiral karena pesan informasi berasal dari semua masukan atau pendapat semua anggota tim E-sport Gucci Gang, sedangkan pola komunikasi linear karena pesan informasi atau arahan berasal dari satu atau dua orang saja. Kedua pola komunikasi tersebut tim E-sport Gucci Gang gunakan pada dua fase dalam game Mobile Legends saat fase ingame atau permainan berlangsung dan fase outgame saat mereka berdiskusi mengenai strategi sebelum mulainya pertandingan. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Komunikasi Kelompok, Game online Mobile Legends

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44317010028
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Komunikasi Kelompok, Game online Mobile Legends
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.7 Data in Computer Systems/Data dalam Sistem-sistem Komputer > 005.71 Data Communications/Komunikasi Data
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:42
Last Modified: 17 Oct 2023 01:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82614

Actions (login required)

View Item View Item