Pertiwi, Irish Ade (2023) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK PADA IKLAN YOUTUBE GOJEK EDISI GO MART VERSI #SEBELUMGOJEK BELI BARANG URGENT PERJALANANNYA PANJANG, GO MART-IN AJA! S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
01 Cover.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (39kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text (BAB 2)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text (BAB 3)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text (BAB 4)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
||
Text (BAB 5)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
Abstract
Salah satu bentuk pemasaran yang memiliki peran dalam komunikasi pemasaran adalah iklan, dalam perkembangannya saat ini iklan dikemas dengan sekreatif mungkin. Hal ini disebabkan oleh persaingan di dunia periklanan yang berkembang pesat, sehingga menuntut para kreatif iklan untuk dapat membuat iklan yang dapat menciptakan ide-ide kreatif untuk membuat terobosan-terobosan baru dalam mengembangkan konsep-konsep iklan yang menarik. Paradigma penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme, penelitian ini merupakan hasil konstruksi, mengingat penelitian ini merupakan penelitian yang meneliti bagaimana audiens/khalayak tersebut dapat mengonstruksi dan memberikan makna pada suatu iklan. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui bagaimana resepsi khalayak pada iklan Youtube Gojek edisi Go Mart versi #SebelumGojek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori analisis resepsi Stuart Hall dengan melakukan wawancara mendalam kepada informan dari pandangan informan seorang ibu dan informan anak. Hasil penelitian ini membahas mengenai bagaimana khalayak memaknai isi pesan tayangan iklan Youtube Gojek edisi Go Mart versi #SebelumGojek atau hanya memberikan kesan iklan yang mengandung humor saja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa analisis resepsi khalayak terhadap iklan Youtube Gojek edisi Go Mart versi #SebelumGojek dimaknai beragam oleh informan yang terpilih. Mengacu kepada teori analisis resepsi Stuart Hall pemaknaan dikelompokkan dalam tiga posisi pemaknaan, yaitu secara dominan hegemonik, negosiasi, dan oposisi. Kata Kunci: Analisis Resepsi Khalayak, Iklan, Youtube, Encoding-Decoding, Komunikasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44319010051 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis Resepsi Khalayak, Iklan, Youtube, Encoding-Decoding, Komunikasi. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 06:25 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 06:25 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80733 |
Actions (login required)
View Item |