ANALISA PERBANDINGAN EFISIENSI BAHAN BAKAR PERTAMAX PADA MESIN MOBIL MAZDA BIANTE YANG MENGGUNAKAN PISTON STANDAR DAN PISTON BER-CAVITY

PRAINSANWAHIDA, HAEKAL ARDY (2015) ANALISA PERBANDINGAN EFISIENSI BAHAN BAKAR PERTAMAX PADA MESIN MOBIL MAZDA BIANTE YANG MENGGUNAKAN PISTON STANDAR DAN PISTON BER-CAVITY. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.Hal Cover.PDF

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.Abstrak.PDF

Download (33kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3.BAB I.PDF
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB II)
4.BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text (BAB III)
5.BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB IV)
6.BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB V)
7.BAB V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8.Daftar Pustaka dan Lampiran.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang industri otomotif sangat pesat. Di Indonesia saja terdapat sekitar 104.118.969 unit kendaraan bermotor, 11.484.514 diantaranya adalah mobil penumpang/pribadi, (bps.go.id, 2013). Penggunaan bahan bakar adalah masalah utama bagi pengguna mesin otomotif, karena perbandingan energi bahan bakar yang menjadi energi berguna didalam mesin otomotif hanya 30%, 70% sisanya terbuang ke lingkungan dalam bentuk panas, getaran dan gas buang. Piston cavity adalah suatu bentuk piston yang dikembangkan oleh salah satu produsen otomotif internasional. Di kemas dalam suatu rangkaian teknologi baru yang disebut dengan Skyactiv Technology. Dalam teknologi ini, pada mesinnya digunakan Piston cavity atau piston berongga. Rongga pada bagian tengah-atas piston ini dimaksudkan agar campuran bahan bakar dan udara didalam silinder yang dikompresikan terpusat di satu titik, sehingga saat busi mengeluarkan bunga api ledakkan didalam silinder akan sangat cepat dan merata. Pengujian dilakukan dengan dua metode, yaitu Dynotest dan Uji Jalan. Kontribusi yang diberikan oleh Piston Cavity adalah sebagai berikut : 1. Rata-rata Daya Poros 4.65% lebih besar dari Piston Standard. 2. Rata-rata Momen Torsi 8.6% lebih besar dari Piston Standard. 3. Konsumsi bahan bakar 15.5% lebih efisien, dan 4. Efisiensi Thermal 21.1% lebih besar dari Piston Standard.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MNS. 15 086
NIM/NIDN Creators: 41310110002
Uncontrolled Keywords: Piston, Piston Cavity, Skyactiv Technology
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi > 515.7 Functional Analysis/Analisa Fungsional
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 662 Technology Of Explosives, Fuels, Related Products, Firework, Pyrotechnics/Teknologi Industri Bahan Peledak,Bahan Bakar,Teknologi Petasan, Piroteknik > 662.8 Other Fuels/Industri Bahan Bakar Lainnya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Feb 2015 14:09
Last Modified: 17 Apr 2024 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/7900

Actions (login required)

View Item View Item