PENGARUH MEMBACA FIKSI TERHADAP EMPATI & STIGMA PADA SISWA REGULER KEPADA SISWA DISABILITAS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI INKLUSI JAKARTA BARAT

AFIFAH, NUR (2021) PENGARUH MEMBACA FIKSI TERHADAP EMPATI & STIGMA PADA SISWA REGULER KEPADA SISWA DISABILITAS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI INKLUSI JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf

Download (842kB)
[img] Text (BAB 1)
02. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB 2)
03. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB 3)
04. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB 4)
05. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text (BAB 5)
06. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)

Abstract

This study aims to discover the effect of narrative transport on reading fiction in non-disabled students toward empathy and stigma among students with disabilities. This study used an experimental method with a pre-test post-test control group design. Total of participant in this research were 84 people (46 women & 38 men). We distinguished the two methods of reading: 1) fiction group and 2) non-fiction (news) group. Data were analyzed with Independent Sample T-test and Paired Sample T-test. The results of the study showed that reading fiction had an effect on increasing emphaty – and in this study level of empathy had no effect on reducing stigma against students with disabilities. Keyword: Empathy, Stigma, Fiction, Narrative Transport, Disabilities. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh narrative transport membaca fiksi siswa reguler terhadap empati dan stigma pada siswa disabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimental pre-test post-test control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 84 orang (46 perempuan & 38 laki-laki). Peneliti membagi partisipan ke dalam dua kelompok intervensi membaca yaitu Kelompok yang membaca teks fiksi dan Kelompok yang membaca teks non fiksi (berita). Penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample T-test dan Uji Paired Sample T-test untuk menganalisa hasil sebelum dan sesudah diberikan intervensi membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca fiksi berpengaruh dalam meningkatkan empati dan peningkatan empati tidak berpengaruh dalam penurunan stigma terhadap siswa disabilitas. Kata kunci: Empati, Stigma, Fiksi, Narrative Transport, Disabilitas.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 46117010062
Uncontrolled Keywords: Empati, Stigma, Fiksi, Narrative Transport, Disabilitas.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 170 Ethics, Moral Philosophy/Etika, Filsafat Moral > 170.1-170.9 Standard Subdivisions of Philosopy and Theory of Ethics/Subdivisi Standar Dari Filsafat dan Teori Etika > 170.4 Special Topics/Topik Khusus
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 170 Ethics, Moral Philosophy/Etika, Filsafat Moral > 171 Ethical Systems/Sistem Etika
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: ASHAIDAH AZLYA PUTRI
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:42
Last Modified: 10 Jul 2023 04:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/78926

Actions (login required)

View Item View Item