OKTAFIYANTO, ALDHY (2023) ANALISIS GETARAN PADA JEMBATAN AKIBAT BEBAN DINAMIK KERETA API (Studi Kasus : Jembatan Cikubang dan Jembatan Cisomang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 01 Cover.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 02 Abstrak.pdf Download (69kB) | Preview |
|
Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
||
Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
Abstract
ABSTRAK Jembatan kereta api merupakan sarana yang menghubungkan daratan yang terpisah sehingga bisa dilalui oleh kereta api. Penelitian ini membahas getaran dari beban kereta api pada jembatan, dengan mencari nilai getaran, penelitian ini menggunakan alat Vibracord DX untuk melakukan pengambilan data getaran pada struktur jembatan. Sensor diletakan pada bagian tengah bentang jembatan. Kemudian hasil dari penelitian ini membandingkan respons jembatan Cikubang dan Cisomang. Besar nilai percepatan getaran jembatan Cikubang saat dilintasi kereta kereta api adalah 35,3878 – 36,4375 untuk arah X, 11,9388 – 15,0612 untuk arah Y, dan 9,6122 – 9,95833 untuk arah Z. Sedangkan besarnya nilai percepatan getaran jembatan Cisomang saat dilintasi kereta api adalah 1,5306 – 4,2449 untuk arah X, 2,3265 – 3,8775 untuk arah Y, dan 0,8776 – 1,5833 untuk arah Z. Ketika jembatan Cikubang dibiarkan tanpa ada beban/kereta yang melintas didapatkan nilai frekuensi natural sebesar 4,30Hz, sedangkan ketika jembatan Cisomang dibiarkan tanpa ada beban/kereta yang melintas didapatkan nilai frekuensi natural sebesar 2,46Hz.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP 23 011 |
NIM/NIDN Creators: | 41118320014 |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 15 May 2023 05:07 |
Last Modified: | 15 May 2023 05:07 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77083 |
Actions (login required)
View Item |