ANALISIS GETARAN PADA JEMBATAN AKIBAT BEBAN DINAMIK KERETA API (Studi Kasus : Jembatan Cikubang dan Jembatan Cisomang)

OKTAFIYANTO, ALDHY (2023) ANALISIS GETARAN PADA JEMBATAN AKIBAT BEBAN DINAMIK KERETA API (Studi Kasus : Jembatan Cikubang dan Jembatan Cisomang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 01 Cover.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 02 Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
41118320014 - Aldhy Oktafiyanto - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)

Abstract

ABSTRAK Jembatan kereta api merupakan sarana yang menghubungkan daratan yang terpisah sehingga bisa dilalui oleh kereta api. Penelitian ini membahas getaran dari beban kereta api pada jembatan, dengan mencari nilai getaran, penelitian ini menggunakan alat Vibracord DX untuk melakukan pengambilan data getaran pada struktur jembatan. Sensor diletakan pada bagian tengah bentang jembatan. Kemudian hasil dari penelitian ini membandingkan respons jembatan Cikubang dan Cisomang. Besar nilai percepatan getaran jembatan Cikubang saat dilintasi kereta kereta api adalah 35,3878 – 36,4375 untuk arah X, 11,9388 – 15,0612 untuk arah Y, dan 9,6122 – 9,95833 untuk arah Z. Sedangkan besarnya nilai percepatan getaran jembatan Cisomang saat dilintasi kereta api adalah 1,5306 – 4,2449 untuk arah X, 2,3265 – 3,8775 untuk arah Y, dan 0,8776 – 1,5833 untuk arah Z. Ketika jembatan Cikubang dibiarkan tanpa ada beban/kereta yang melintas didapatkan nilai frekuensi natural sebesar 4,30Hz, sedangkan ketika jembatan Cisomang dibiarkan tanpa ada beban/kereta yang melintas didapatkan nilai frekuensi natural sebesar 2,46Hz.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP 23 011
NIM/NIDN Creators: 41118320014
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 15 May 2023 05:07
Last Modified: 15 May 2023 05:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77083

Actions (login required)

View Item View Item