ANALISIS KONTEN PROMOSI PELAYANAN KESEHATAN RSCM KENCANA DI INSTAGRAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021 DALAM MENINGKATKAN AWARENESS MASYARAKAT

INDRA, INDRA (2023) ANALISIS KONTEN PROMOSI PELAYANAN KESEHATAN RSCM KENCANA DI INSTAGRAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021 DALAM MENINGKATKAN AWARENESS MASYARAKAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
44319120026-Indra-01 Cover - Indra Kencana.pdf

Download (967kB)
[img] Text (Abstrak)
44319120026-Indra-02 Abstrak - Indra Kencana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (Bab 1)
44319120026-Indra-03 Bab 1 - Indra Kencana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (Bab 2)
44319120026-Indra-04 Bab 2 - Indra Kencana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (Bab 3)
44319120026-Indra-05 Bab 3 - Indra Kencana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (Bab 4)
44319120026-Indra-06 Bab 4 - Indra Kencana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
44319120026-Indra-07 Bab 5 - Indra Kencana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44319120026-Indra-08 Daftar Pustaka - Indra Kencana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (Lampiran)
44319120026-Indra-09 Lampiran - Indra Kencana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (Form pernyataan)
44319120026-Indra-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Indra Kencana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Media sosial merupakan sarana komunikasi antara pemilik usaha dengan pelanggannya, termasuk rumah sakit sebagai penyedia jasa pelayanan kesehatan. Instagram sebagai salah satu sosial media yang umum digunakan menjadi pilihan bagi RSCM Kencana untuk mempromosikan pelayanan kesehatannya secara lebih maksimal, terutama semenjak masa pandemi Covid-19 dalam upayanya meningkatkan awareness masyarakat. Pandemi Covid 19 membuat RSCM Kencana melakukan terobosan untuk mempromosikan produk layanan yang dimilikinya, dengan pertimbangan bahwa Instagram adalah media sosial yang paling sesuai dengan target pasarnya. Penelitian berfokus kepada materi feeds instagram, hingga evaluasi pelaksanaan. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan analisa tentang konten promosi pelayanan kesehatan RSCM Kencana yang diunggah di Instagram pada tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode desktiptif kualitatif dengan paradigma konstruktivitas. Data primer penelitian didapatkan melalui observasi akun Instagram @rscm.kencana. Sedangkan, data sekunder melalui wawancara singkat dengan pihak marketing RSCM Kencana. Hasil penelitian ini menunjukkan RSCM Kencana secara konsisten melakukan promosi pada akun Instagram @rscm.kencana dengan berbagai tema yang sesuai dengan produk layanan yang dimiliki dan dengan memperhatikan juga isu kesehatan yang sesuai dengan keadaan masyarakat pada suatu periode tertentu. Tahap yang dilakukan oleh RSCM Kencana dimulai dengan analisa media sosial, persiapan promosi, implementasi, dan evaluasi. Tahapan tersebut terbukti memberikan hasil yang sesuai target dan tujuan promosi yang dilakukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan sosial media secara maksimal akan berpegaruh kepada peningkatan engagement dan loyalitas pelanggan. Kata kunci: promosi, implementasi, instagram, pelayanan kesehatan, awareness. Social media is a means of communication between business owners and their customers, including hospitals as providers of health services. Instagram as one of the social media that is commonly used is the choice for RSCM Kencana to maximize the promotion of its health services, especially since the Covid-19 pandemic as an effort to increase public awareness. The Covid-19 pandemic made RSCM Kencana make a breakthrough to promote its service products, taking into account that Instagram is the most suitable social media for its target market. Research focus on Instagram feeds material, and evaluate the implementation. Therefore, researcher wants to analyze the content of health service promotion of RSCM Kencana which was uploaded on Instagram in 2021.The method used in this study uses a qualitative descriptive method with a constructivity paradigm. The primary research data was obtained through observing the instagram account @rscm.kencana. Meanwhile, the secondary data through brief interviews with the marketing personnel of RSCM Kencana. The result of this study indicated that RSCM Kencana consistently carries out promotions on the @rscm.kencana Instagram account with various themes that are in accordance with condition of society in a certain period. The stages carried out by RSCM Kencana began with social media analysis, promotion preparation, implementation, and evaluation. These stages are proven to provide results that are in accordance with the targets and objectives of the promotions carried out. Thus, it can be concluded that the maximum use of social media will have an impact on increasing customer engagement and loyalty. Keywords: promotion, implementation, Instagram, health services, awareness.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44319120026
Uncontrolled Keywords: promosi, implementasi, instagram, pelayanan kesehatan, awareness. promotion, implementation, Instagram, health services, awareness.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ALFINA DHEA NOVA
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:39
Last Modified: 05 Apr 2023 03:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/76096

Actions (login required)

View Item View Item