PERANCANGAN CARD GAME SEBAGAI SARANA EDUKASI ANAK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN ZIS DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

RAMADHANI, RIZKI (2023) PERANCANGAN CARD GAME SEBAGAI SARANA EDUKASI ANAK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN ZIS DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Zakat, infaq and alms are muamalah worship, among others, which teach Muslims to help each other. as the verse of God's Word invites to help each other "... Help you in (doing) virtue and piety, and do not help each other in sin and enmity. Fear Allah, verily Allah is very severe in punishment." By using qualitative research methods the authors conducted written interviews. The results of the interviews showed that 67% of the correspondent children aged 9-14 years didn't understand zakat, infaq and alms. Therefore, in learning we need a tool so that the learning process becomes much more fun and not boring. Playing media such as card games is one of the solutions that can be applied to these problems which are expected to make it easier for children to understand zakat, infaq, alms. With card games, it will be easier for children to memorize every knowledge contained, in addition to challenges that trigger children to remember in order to win the game. The design of the Sobat Saleh Card Game Get to Know ZIS Series is a good step to overcome this problem. Keywords: Card Game, Education, Zakat Infaq and alms Zakat, infak dan sedekah adalah ibadah muamalah antar sesama yang mengajarkan umat Islam untuk saling menolong kepada sesama.sebagaimana ayat Firman Allah yang menyerukan untuk saling tolong-menolong “… Tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksaanNya.” Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif penulis melakukan wawancara tertulis. Hasil dari wawancara tersebut terdapat 67% koresponden anak usia 9-14 tahun belum memahami mengenai zakat, infak dan sedekah. Oleh sebab itu dalam belajar dibutuhkan suatu sarana agar proses belajar menjadi jauh lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Media bermain seperti card game adalah salah satu solusi yang dapat diterapkan pada permasalahan tersebut yang diharapkan dapat membuat anak-anak lebih mudah memahami akan hal zakat, infak, sedekah. Dengan sebuah card game anak akan lebih mudah dalam menghafal setiap ilmu yang terkandung, di samping sebuah tantangan yang membuat anak-anak terpicu untuk mengingat agar dapat memenangkan permainan. Perancangan Card Game Sobat Saleh Seri Mengenal ZIS adalah langkah yang baik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kata Kunci: Permainan Kartu, Edukasi, Zakat Infak dan Sedekah

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 23 006
Call Number: SDSK/23/23/010
NIM/NIDN Creators: 42318110028
Uncontrolled Keywords: Permainan Kartu, Edukasi, Zakat Infak dan Sedekah
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.2 Systems Analysis and Computer Design, Computer Architecture, Computer Performance Evaluation/Sistem Analis dan Desain Komputer, Arsitektur Komputer, Evaluasi Daya Guna dan Performa Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 694 Wood Construction, Carpentry/Pertukangan Kayu, Tukang Kayu > 694.1 Planning, Analysis, Engineering Design/Perencanaan, Analisa, Desain Teknik Pertukangan Kayu
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: MILA RISKA
Date Deposited: 12 May 2023 04:46
Last Modified: 12 May 2023 07:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75829

Actions (login required)

View Item View Item