MAULINA, OKTARY (2021) STRATEGI CUSTOMER RETENTION MARKETING PT. DARYA VARIA LABORATORIA TBK DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS DOKTER MELALUI FASILITAS MEDICAL SCIENCE CENTER (MSC). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
Abstract
Adanya perkembangan teknologi komunikasi pada tahun 2018 ini semakin membuat tingkat persaingan dalam industri farmasi berjalan dengan sangat ketat. Antara satu perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain pun saling bersaing melalui berbagai strategi maupun konsep pemasaran. Namun, persaingan yang sebenarnya adalah bagaimana perusahaan saling bersaing untuk mempertahankan pelanggannya. Agar dapat mengembangkan dan menjaga pelayanan yang baik kepada para pelanggan, maka diperlukan suatu strategi pembinaan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang disebut dengan Customer Retention Marketing. Penelitian ini membahas tentang strategi Customer Retention Marketing PT. Darya Varia Laboratoria, Tbk dalam mempertahankan loyalitas dokter melalui fasilitas Medical Science Center. Teori yang digunakan mengacu pada konsep teori I-D-I-C dan teori Zikmund yang mengemukakan bahwa strategi Customer Retention Marketing meliputi welcome strategy, reliability, responsiveness, recognition, personalisation dan access strategy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode menelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam studi kasus ini adalah melalui wawancara dengan narasumber yang terkait, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam meretensi pelanggannya yang merupakan para dokter, PT. Darya Varia Laboratoria, Tbk menggunakan strategi Customer Retention Marketing melalui pembangunan Medical Science Center yang diawali oleh persiapan seperti identifikasi pelanggan, diferensiasi pelanggan, interaksi dan penyesuain produk atau jasa. Kemudian membuat program-program retensi seperti web seminar, program Special Occasion, lomba karya ilmiah dan WML Mobile Application yang kesemuan dilakukan di sebuah fasilitas yang bernama Medical Science Center. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah agar PT. Darya Varia Laboratoria Tbk memaksimalkan penggunaan Medical Science Center sebagai strategi Customer Retention Marketing. Kata kunci: Strategi Customer Retention Marketing
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44314120012 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Customer Retention Marketing |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 06:35 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 06:35 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75202 |
Actions (login required)
View Item |