“VIDEO ANIMASI DALAM KAMPANYE DAMPAK BAHAYA TINDAKAN BULLYING PADA KAUM TULI”

DANIA, SHERLY (2020) “VIDEO ANIMASI DALAM KAMPANYE DAMPAK BAHAYA TINDAKAN BULLYING PADA KAUM TULI”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. KEPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)

Abstract

This design aims to explain and give an idea of the influence of bullying on the deaf / deaf by looking for visual strategies and media that is right so that the community can reduce bullying on deaf people. The subject of this research is about bullying of deaf people in the community. The method used in this paper is a qualitative method and data will be obtained using interviews and documentation. Based on interviews and documentation, the results show that there are still many deaf children in the community who experience discriminatory attitudes, namely verbally and non-verbal bullying. This research also wants to prove to the community that deaf children are the same as other children. Although deaf children have limited ability to hear and communicate, but that is not the reason because they can also excel despite having disabilities. Therefore, community support and the surrounding environment greatly affect the growth and development of people with disabilities, especially deaf children / deaf. The results of this design can be concluded that the right visual strategy for this problem is to use some simple but included illustration accents with discussion. In the use of media is also the most influential especially digital media. Like Instagram, YouTube, etc. Keywords: Visual strategy, campaign, persuasive visual communication Perancangan ini bertujuan untuk menjelaskan dan memberikan gambaran tentang pengaruh bully pada kaum tuli/tuna rungu dengan mencari strategi visual dan media apa yang tepat agar masyarakat bisa mengurangi pembullyan pada kaum tuli. Subjek penelitian ini yaitu seputar pembullyan pada kaum tuli di lingkungan masyarakat. Metode yang dilakukan pada penulisan ini adalah metode kualitatif dan data akan diperoleh dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi diperoleh hasil bahwa anak tuli di lingkungan masyarakat masih banyak yang mengalami sikap diskriminatif yaitu melakukan pembullyan secara verbal maupun non verbal. Penelitian ini salah satunya juga ingin membuktikan kepada masyarakat sekitar bahwa anak tuli itu sama seperti anak lainnya. Walaupun anak tuli memiliki keterbatasan kemampuan dalam mendengar dan berkomunikasi, tetapi itu bukan alasan karna mereka juga bisa berprestasi walaupun memiliki kekurangan. Maka dari itu dukungan masyarakat dan lingkungan sekitar sangat mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya kaum disabilitas terutama anak tuli/tuna rungu. Hasil perancangan ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa strategi visual yang tepat untuk permasalahan ini yaitu menggunakan beberapa aksen ilustrasi yang simple tetapi masuk dengan pembahasan. Dalam penggunaan media juga paling berpengaruh terutama media digital. Seperti instagram, facebook, youtube, dll. Kata kunci: Strategi visual, kampanye, komunikasi visual persuasif

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 20 032
NIM/NIDN Creators: 42316010011
Uncontrolled Keywords: Strategi visual, kampanye, komunikasi visual persuasif
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.6 Computer Graphics/Komputer Grafis, Grafika Komputer > 006.69 Special Topics in Computer Graphics/Topik Khusus dalam Grafik Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.6 Computer Graphics/Komputer Grafis, Grafika Komputer > 006.69 Special Topics in Computer Graphics/Topik Khusus dalam Grafik Komputer > 006.696 Digital Video/Video Digital
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 778 Specific Fields of Photography/Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi > 778.5 Cinematography, Video Production, Related Activities/Sinematografi, Produksi Video, dan Kegiatan Terkait
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 778 Specific Fields of Photography/Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi > 778.5 Cinematography, Video Production, Related Activities/Sinematografi, Produksi Video, dan Kegiatan Terkait > 778.59 Video Production (Television Photography)/Produksi Video (Fotografi Televisi)
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:28
Last Modified: 10 Jun 2023 06:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73344

Actions (login required)

View Item View Item