POLA KOMUNIKASI ANTARA SPEAKER DAN AUDIENCE DALAM WEBINAR DI ERA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021 (Studi Pada Speaker dan Audience dalam Webinar “Ketika Kata-Kata Berjatuhan Dari Langit Jakarta”)

MUSTAQIM, THORIQ WAHID AL (2022) POLA KOMUNIKASI ANTARA SPEAKER DAN AUDIENCE DALAM WEBINAR DI ERA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021 (Studi Pada Speaker dan Audience dalam Webinar “Ketika Kata-Kata Berjatuhan Dari Langit Jakarta”). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44216210037 - THORIQ WAHID A M - 01 COVER.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44216210037 - THORIQ WAHID A M - 02 ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
44216210037 - THORIQ WAHID A M - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
44216210037 - THORIQ WAHID A M - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
44216210037 - THORIQ WAHID A M - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
44216210037 - THORIQ WAHID A M - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
44216210037 - THORIQ WAHID A M - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
44216210037 - THORIQ WAHID A M - 08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
44216210037 - THORIQ WAHID A M - 09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)

Abstract

ABSTRAK Webinar menjadi salah satu kegiatan yang sedang sering diselenggarakan oleh banyak organisasi. Ciri khas utama webinar adalah karana diselenggarakan secara online dan membutuhkan media penyalur kegiatan, atau sering kita sebut sebagai media massa. Webinar menjadi happening belakangan ini karena kondisi pandemic covid-19 yang sedang melanda dunia yang menyebabkan mobilitas manusia menjadi terbatas, serta adanya pembatasan kerumunan dalam kegiatan masyarakat. Dalam penyelenggaraannya, tentu ada proses komunikasi di dalamnya. Proses komunikasi tersebut memiliki pola yang disebut pola komunikasi massa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terjadi antara speaker dan audience dalam webinar “Ketika Kata-Kata Berjatuhan Dari Langit Jakarta”. Penelitian ini menggunakan acuan teori mengenai pola komunikasi massa yang dikemukakan oleh Bitter, yang mana di dalam teorinya mengungkapkan bahwa hal utama dalam komunikasi massa adalah menggunakan media massa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan subyek penelitian pembicara dan peserta dalam webinar “Ketika Kata-Kata Berjatuhan Dari Langit Jakarta”. Data diperoleh melalui wawancara mendalam serta observasi partisipan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang berlangsung diantara speaker dan audience dalam webinar adalah komunikasi sekunder. Dan pola komunikasi di dalamnya adalah Pola Komunikasi Model Laswell. Dari Pola ini, menunjukkan bahwa pembicara di dalam sebuah webinar menyampaikan pesan yang menggunakan media kepada pendengar serta menghasilkan feedback baik langsung maupun tidak langsung. Kata kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi, Speaker, Audience, Webinar, Pandemi ABSTRACT Webinar became one of the activities that are often held by many organizations. The main characteristic of webinar is that they are held online and require media to channel activities, or what we often call mass media. The webinar has become a recent occurrence due to the COVID-19 pandemic that is currently engulfing the world which causes limited human mobility, as well as crowd restrictions in community activities. In its implementation, of course there is a communication process in it. The communication process has a pattern called the mass communication pattern. The purpose of this study was to find out how the communication patterns that occur between the speaker and the audience in the webinar of "Ketika KataKata Berjatuhan Dari Langit Jakarta". This study uses a theoretical reference regarding the pattern of mass communication proposed by Bitter, which in his theory reveals that the main thing in mass communication is the use of mass media. The method used in this research is qualitative with a descriptive approach, with the research subject being speaker and participant in the webinar of "Ketika Kata-Kata Berjatuhan Dari Langit Jakarta". Data were obtained through in-depth interviews and participant observation. To test the validity of the data, the researcher used triangulation of data techniques. The results of this study indicate that the communication that takes place between the speaker and the audience in the webinar is secondary communication. And the pattern of communication in it is the Laswell Model of Communication Pattern. From this pattern, it shows that the speaker in a webinar conveys a message using the media to the listener and produces both direct and indirect feedbacks. Keywords: Communication Pattern, Communication, Speaker, Audience, Webinars, Pandemic

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 22 060
NIM/NIDN Creators: 44216210037
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi, Speaker, Audience, Webinar, Pandemi
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 16 Dec 2022 08:59
Last Modified: 16 Dec 2022 08:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72522

Actions (login required)

View Item View Item