PEMANFAATAN YOUTUBE OLEH TVONE DALAM PROGRAM INDONESIA LAWYERS CLUB UNTUK MENINGKATKAN BRAND ENGAGEMENT

Sabilah, Nasya (2022) PEMANFAATAN YOUTUBE OLEH TVONE DALAM PROGRAM INDONESIA LAWYERS CLUB UNTUK MENINGKATKAN BRAND ENGAGEMENT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
44319110020-Nasya Sabilah-01 Cover - Nasya Sabilah.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
44319110020-Nasya Sabilah-02 Abstrak - Nasya Sabilah.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
44319110020-Nasya Sabilah-03 Bab 1 - Nasya Sabilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (Bab 2)
44319110020-Nasya Sabilah-04 Bab 2 - Nasya Sabilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (Bab 3)
44319110020-Nasya Sabilah-05 Bab 3 - Nasya Sabilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (Bab 4)
44319110020-Nasya Sabilah-06 Bab 4 - Nasya Sabilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (Bab 5)
44319110020-Nasya Sabilah-07 Bab 5 - Nasya Sabilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44319110020-Nasya Sabilah-09 Daftar Pustaka - Nasya Sabilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (Lampiran)
44319110020-Nasya Sabilah-10 Lampiran - Nasya Sabilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (Form Pernyataan Keabsahan)
44319110020-Nasya Sabilah-11 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Copy - Nasya Sabilah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Saat ini, perkembangan teknologi informasi semakin berkembang pesat di dunia, termasuk Indonesia. Penggunaan smartphone, laptop, dan komputer tersebut menimbulkan pengaruh dengan kebiasaan menonton televisi masyarakat. Jika dibandingkan dengan zaman dulu, saat ini masyarakat lebih memilih menonton televisi secara streaming atau melalui media sosial. YouTube merupakan salah satu portal website yang menyediakan layanan video sharing. Penggunaan Youtube di Indonesia pun saat ini sudah sangat tinggi. Stasiun TV saat ini membuat akun YouTube untuk menaruh konten-konten atau program acaranya ke YouTube termasuk tvOne yang menaruh programnya ke YouTube yaitu Indonesia Lawyers Club. Penggunaan Youtube pun harus dimanfaatkan dengan baik agar bisa meningkatkan brand engagement dari produk tersebut. Dalam penelitian ini, penulis meneliti pemanfaatan Youtube untuk meningkatkan brand engagement menggunakan teori New Media menurut Lister tentang karakteristik new media dan juga teori Brand Engagement menurut Paine tentang fase terbentuknya brand engagement. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode Deskriptif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu paradigm Post Positivism dengan teknik pengumupulan data Primer dan Sekunder. Teknik pengumupulan data secara primer yang dilakukan adalah Wawancara mendalam dengan informan, observasi dan Dokumentasi untuk teknik pengumpulan data secara sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemanfaatan Youtube oleh tvOne dalam Program Indonesia Lawyers Club dapat meningkatkan Brand Engagament pada tahun 2020. Dilihat dari segmentasi penonton yang sesuai target dan jumlah views yang terus meningkat tiap tahunnya. Pemanfaatan new media yang tepat melalui karakteristik new media yaitu Digital, Interactivity, Hypertextual dan network. Dapat meningkatkan brand engagement dari program Indonesia Lawyers Club di Youtube. Kata kunci: Perbubahan Perilaku Konsumen, Media Social, YouTube, New Media, Brand Engagement Currently, the development of information technology is growing rapidly in the world, including Indonesia. The use of smartphones, laptops, and computers has an influence with people's television viewing habits. When compared to the past, today people prefer to watch television streaming or through social media. YouTube is one of the portal websites that provide video sharing services. The use of Youtube in Indonesia is now very high. TV stations are currently creating YouTube accounts to put content or programs to YouTube including tvOne which puts its programs into YouTube, namely Indonesia Lawyers Club. The use of Youtube must also be used well in order to increase the brand engagement of the product. In this study, the authors examined use of Youtube to increase brand engagement using New Media theory according to Lister about the characteristics of new media and also brand engagement theory according to paine about the phase of formation of brand engagement. The research method used in this research is qualitative with descriptive method. The paradigm used in this study is the Post Positivism paradigm with primary and secondary data collection techniques. The primary data collection techniques used were in-depth interviews with informants, observation and documentation for secondary data collection techniques. The results showed that the utilization of Youtube by tvOne in the Indonesia Lawyers Club Program can increase Brand Engagament in 2020. Utilization of new media proper through new media characteristics namely Digital, Interactivity, Hypertextual and network. Can increase brand engagement from ILC program on Youtube. Keywords: Consumer Behavior Conversation, Social Media, YouTube, New Media, Brand Engagement

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44319110020
Uncontrolled Keywords: Consumer Behavior Conversation, Social Media, YouTube, New Media, Brand Engagement, Perbubahan Perilaku Konsumen, Media Social, YouTube, New Media, Brand Engagement
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 03 Dec 2022 04:10
Last Modified: 03 Dec 2022 04:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72151

Actions (login required)

View Item View Item