PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

JULAINI, CHRISTIN MONICA (2022) PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)

Abstract

Transfer pricing merupakan suatu transaksi yang dilakukan oleh perusahaan induk terhadap perusahaan afiliasi dengan cara merekaya harga jual maupun beli dengan cara menetapkan harga yang tidak wajar guna memperoleh penghematan pajak secara global. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendapatkan bukti empiris dari pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Tunneling Incentive terhadap Transfer Pricing pada perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Penelitian ini dilakukan terhadap 120 jumlah sampel yang berasal dari 30 perusahaan yang memenuhi kriteria selama empat periode berturut-turut. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah software Eviews 9 yang terdiri dari beberapa uji seperti analisis statistik deskrptif, estimasi model regresi data panel (cem, fem, dan rem), uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji parsial T, koefisien determinasi R2, dan simultan F). Hasil akhir yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Leverage dan Tunneling Incentive tidak berpengaruh signifikan terhadap Transfer Pricing, sedangkan Profitabilitas berpengaruh dengan arah negatif signifikan terhadap Transfer Pricing. Kata kunci : Leverage, Profitabilitas, Tunneling Incentive, dan Transfer Pricing.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 22 131
NIM/NIDN Creators: 43218010077
Uncontrolled Keywords: Leverage, Profitabilitas, Tunneling Incentive, dan Transfer Pricing
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.91 Influence of Physical Environment and Conditions/Pengaruh Lingkungan dan Kondisi Fisik
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:33
Last Modified: 05 Oct 2022 02:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69891

Actions (login required)

View Item View Item