ALFATH, MOHAMAD RAZEM (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN JALUR PEDESTRIAN TERHADAP REVITALISASI TROTOAR JALAN PURI AYU DAN PURI HARUM JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (20kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
Abstract
Kebutuhan akan infrastruktur fisik sangat penting untuk menunjang kemudahan aksesibilitas kegiatan dan perkembangan di perkotaan. Infrastruktur fisik itu misalnya adalah jalur pedestrian. Jalur pedestrian merupakan salah satu prasarana infrastruktur fisik berupa jalan yang diperuntukan bagi aktifitas pejalan kaki. Dalam peraturan menteri pekerjaan umum nomor: 03/prt/m/2014/2011 tentang pedoman perencanaan, penyediaan, dan pemanfaatan prasarana dan sarana jaringan pejalan kaki di kawasan perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah melalui teknik penyebaran kusioner, dokumentasi dan observasi langsung dilapangan. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan SPSS versi 24, metode Importance Performance Analysis (IPA), Custumer Satisfaction Index (CSI) dan Level Of Service (LOS). Hasil analisis data, ditemukan bahwa tingkat kepentingan dan kepuasan pejalan kaki pada kinerja jalur pejalan kaki menunjukkan bahwa di kuadran I terdapat pemandangan di sekitar jalur pedestrian dan lebar jalur pedestrian, di kuadran II ada kebersihan jalur pedestrian, bangku jalur pedestrian, keamanan untuk pejalan kaki, tempat pembuangan sampah, penataan taman dan penerangan jalur pedestrian, di kuadran III ada ramah penyandang disabilitas dan jalur pengendara sepeda dan kuadran IV ada ketertiban pada jalur pedestrian (PKL, Parkir Liar, dll). Dan untuk hasil analisis tingkat kepuasan pejalan kaki, nilai CSI adalah 81,04%, di mana pejalan kaki puas dengan fasilitas yang tersedia di pejalan kaki. Hasil analisis jalan trotoar menggunakan metode LOS menunjukkan bahwa mendapatkan kategori A berarti ruas trotor sudah sesuai harapan pejalan kaki. Kata kunci : Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index, Level Of Service, Pejalan Kaki, Revitalisasi Pedestrian, Trotoar.
Actions (login required)
View Item |