ANGGRIAWAN, IVAN (2022) PENERAPAN DATA MINING UNTUK PREDIKSI PENJUALAN SEPEDA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text (BAB VI)
08 Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
Abstract
Pada masa pandemi beberapa waktu lalu, untuk mengurangi jumlah peyebaran covid-19 pemerintah memberlakukan social distancing dan work from home (WFH) untuk mengurangi kegiatan masyarakat diluar rumah, selama masa pandemi masyarakat cenderung memiliki pola atau gaya hidup yang tidak teratur dikarenakan kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan. Hal itu tentunya dapat menurunkan kekebalan imun dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan resiko terinfeksi virus. Oleh karena itu selama masa pandemi aktivitas olahraga menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan masyarakat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu kegiatan olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga imun agar tetap bugar adalah dengan kegiatan bersepeda. Bersepeda sendiri merupakan aktifitas yang ringan yang dapat dilakukan oleh semua kalangan umur. Momen seperti ini tentunya menjadi target pemasaran yang bagus untuk perusahan penjual sepeda, namun pihak perusahaan terkadang mengalami kendala mengenai stock sepeda yang tidak sesuai dengan target pasar konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis sepeda apa saja yang banyak di mininati oleh konsumen dengan cara melakukan prediksi penjualan sepeda dengan melihat minat yang diinginkan masyarakat dengan menggunakan algroritma K-Means Clustering. Hasil dari penelitian K-Means Clustering terbagi menjadi tiga cluster yaitu Cluster 1 jumlah anggota 209 dengan minat sepeda paling banyak yaitu sepeda gunung, Cluster 2 jumlah anggota 787 dengan minat sepeda paling banyak yaitu sepeda lipat, dan Cluster 3 jumlah angota 540 dengan minat sepeda yang paling banyak yaitu sepeda kota, dari proses clustering diatas dapat diperoleh validasi dunn indeks (Dunn Index) dengan nilai 0.1324532. Kata kunci: Prediksi penjualan sepeda, data mining, k-means, clustering, RStudio
Actions (login required)
View Item |