ANASTASYA, NAMIRA (2022) PENDAMPINGAN PRODUKSI KONTEN PROMOSI DALAM MEMAKSIMALKAN ENGAGEMENT TERHADAP FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM UMKM CHIPS TOPZ. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text (BAB VI)
08 BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Media sosial saat ini digunakan sebagai sebuah sarana dalam melakukan kegiatan promosi di kalangan pelaku bisnis bahkan UMKM. Konten yang menarik akan menjadi sebuah landasan dalam melakukan pemasaran media sosial. Oleh karena itu, Melalui konten yang menarik maka akan mempengaruhi peningkatan engagement dengan pelanggan sehingga lebih dikenal bahkan melakukan tindakan pembelian produk. Salah satu UMKM yang aktif melakukan kegiatan promosi di media sosial adalah UMKM Chips Topz. Pendampingan ini bertujuan untuk memaksimalkan engagement terhadap followers pada akun Instagram UMKM Chips Topz. Konsep yang digunakan dalam pendampingan ini adalah konsep Content Marketing yang dikemukakan oleh Kotler yang terdiri dari 8 tahapan pemasaran konten, yaitu penetapan tujuan, pemetaan audiens, perancangan dan ideasi konten, pembuatan konten, distribusi konten, amplifikasi konten, evaluasi konten dan pengembangan konten. Kemudian konsep Social Media Marketing Process Walter Lim yaitu Social Media Marketing Channels dan Content Creation and Curation. Kegiatan ini menggunakan metode pendampingan kepada UMKM Chips Topz. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan pemaparan materi melalui mini workshop dan pelatihan.mengenai produksi konten. Hasil dari kegiatan ini Instagram UMKM Chips Topz memiliki jumlah postingan sebanyak 81 post, tampilan feeds Instagram yang lebih rapih dan menarik serta jenis konten yang lebih bervariasi. Kegiatan ini juga menunjukan bahwa jenis konten yang dapat memaksimalkan engagement rate post terhadap followers akun @chips.topz adalah jenis konten informatif berbentuk video dengan nilai engagement rate post tertinggi yaitu 124%. Sementara, jenis konten infomatif berbentuk foto dengan nilai engagement rate post terendah yaitu 12,4% saja. Kata kunci: Pendampingan dan Pelatihan, Social Media Marketing, Produksi Konten, Instagram, Engagement.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/KD. 22 007 |
NIM/NIDN Creators: | 44518010048 |
Uncontrolled Keywords: | Pendampingan dan Pelatihan, Social Media Marketing, Produksi Konten, Instagram, Engagement |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian 600 Technology/Teknologi > 630 Agriculture and Related Technologies/Pertanian dan Teknologi Terkait 600 Technology/Teknologi > 630 Agriculture and Related Technologies/Pertanian dan Teknologi Terkait > 637 Processing Dairy and Related Products/Pengolahan Produk Susu dan Produk Terkait |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital |
Depositing User: | ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 02:55 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 07:45 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69328 |
Actions (login required)
View Item |