RANGKUTI, ABDIANSYAH (2022) IMPLEMENTASI PROMOSI DIMEDIA SOSIAL PADAAKUN@SPIRULINA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT DAN PENJUALAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
Text (COVER)
01 Cover - Abdiansyah Rangkuti.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak - Abdiansyah Rangkuti.pdf Download (790kB) |
|
Text (BAB 1)
03 Bab 1 - Abdiansyah Rangkuti.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
04 Bab 2 - Abdiansyah Rangkuti.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB 3)
05 Bab 3 - Abdiansyah Rangkuti.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 4)
06 Bab 4 - Abdiansyah Rangkuti.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text (BAB 5)
07 Bab 5 - Abdiansyah Rangkuti.pdf Restricted to Registered users only Download (975kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka - Abdiansyah Rangkuti.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran - Abdiansyah Rangkuti.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (PERNYATAAN KEABSAHAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
Formulir Pernyataan Keaslian dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Abdiansyah Rangkuti.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
Abstract
Promosi penjualan sampai saat ini merupakan salah satu cara yang paling populer dan banyak digunakan oleh perusahaan dan pemasar dalam meningkatkan penjualan, tetapi pada sisi lain memiliki dampak pada biaya promosi yang semakin besar sehingga margin keuntungan semakin sedikit. Promosi melalui media sosial berpusat pada upaya perusahaan untuk membangun konten yang menarik perhatian dan mendorong calon konsumen untuk berkoneksi sehingga menghasilkan ketertarikan terhadap produk atau jasa dengan biaya yang efisien. Sebuah brand akan dengan mudah masuk dan dikenal diantara konsumennya dengan cara beriklan atau memberikan paparan luas melalui social media. Hadirnya media sosial instagram memberikan alternatif terbaru bagi online shop Spirulina Indonesia untuk meningkatkan engagement dan penjualannya. Spirulina Indonesia memanfaatkan akun instagramnya untuk menanamkan brand kedalam benak konsumen hingga mencapai hubungan serta keterikatan antara brand dengan konsumen melalui penyajian konten-konten yang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media instagram pada akun Spirulina Indonesia sebagai media promosi dalam meningkatkan engagement penjualan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Digital dan Promosi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma post-positivisme. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai implementasi promosi Spirulina Indonesia melalui media sosial Instagram sangat berpengaruh dan berhasil dalam meningkatkan engagement dan penjualan dilihat dari jumlah followers yang terus meningkat dan jumlah pembelian produk yang semakin banyak. Spirulina Indonesia menggunakan Instagram dalam media promosi untuk meningkatkan engagement dengan memaksimalkan setiap konten sebagai kunci utama keberhasilan pemasaran dalam media sosial dan mengiklankan setiap konten dan menyesuaikan dengan budgetnya untuk menaikkan engagement dan penjualan. Sales promotion to date is one of the most popular and widely used methods by companies and marketers to increase sales, but on the other hand it has an impact on increasing promotional costs so that profit margins are getting smaller. Promotion through social media is centered on the company's efforts to build content that attracts attention and encourages potential consumers to connect so as to generate interest in products or services at an efficient cost. A brand will easily enter and be known among consumers by advertising or providing wide exposure through social media. The presence of Instagram social media provides the latest alternative for Spirulina Indonesia's online shop to increase engagement and sales. Spirulina Indonesia uses its Instagram account to instill the brand into the minds of consumers to achieve a relationship and engagement between the brand and consumers through the presentation of interesting content. The purpose of this study was to determine the use of Instagram media on Spirulina Indonesia's account as a promotional media in increasing sales engagement. In this study, researchers used the theory of Marketing Communication, Digital Marketing and Promotion. This research is descriptive qualitative using postpositivism paradigm. From the results of research that has been carried out regarding the implementation of the Spirulina Indonesia promotion through Instagram social media, it is very influential and successful in increasing engagement and sales, seen from the increasing number of followers and the increasing number of product purchases. Spirulina Indonesia uses Instagram in promotional media to increase engagement by maximizing each content as the main key to marketing success in social media and advertising each content and adjusting it to its budget to increase engagement and sales
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44318110072 |
Uncontrolled Keywords: | Promotion, Social Media, Engagement, |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Priyo Raharjo |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 04:01 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 04:01 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69165 |
Actions (login required)
View Item |