FERNANDO, IVAN (2022) PROSES KERJA HUMAS PT. KARYA BANGUN MANDIRI PERSADA DALAM MENANGANI ISU PERUSAHAAN SEBAGAI UPAYA MENJAGA KEPERCAYAAN PUBLIK ( Studi Kasus Pelayangan Somasi Kepada PT Karya Bangun Mandiri Persada Oleh CV. Khaiza Putri Andalas Dimuat Pada Pemberitaan Online lensalampung.com Periode Agustus 2021 ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
Text (COVER)
44217110042-Ivan Fernando 01. COVER - ivan fernando.pdf Download (969kB) |
|
Text (ABSTRAK)
44217110042-Ivan Fernando 02. ABSTRAK - ivan fernando.pdf Download (83kB) |
|
Text (BAB 1)
44217110042-Ivan Fernando 03. BAB. 1 - ivan fernando.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
Text (BAB 2)
44217110042-Ivan Fernando 04. BAB. 2 - ivan fernando.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
Text (BAB 3)
44217110042-Ivan Fernando 05. BAB. 3 - ivan fernando.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text (BAB 4)
44217110042-Ivan Fernando 06. BAB. 4 - ivan fernando.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
|
Text (BAB 5)
44217110042-Ivan Fernando 07. BAB. 5 - ivan fernando.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44217110042-Ivan Fernando 09. Daftar Pustaka - ivan fernando.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
44217110042-Ivan Fernando 10. Lampiran - ivan fernando.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
|
Text (PERNYATAAN KEABSAHAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
44217110042-Ivan Fernando Formulir Pernyataan Keaslian dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - ivan fernando.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
Abstract
PT. Karya Bangun Mandiri Persada (PT.KBMP) merupakan perusahaan jasa konstruksi berskala besar yang mana memiliki beberapa masalah terkait pemberitaan negatif di media massa. Dengan berbagai terpaan isu miring, humas harus mampu mengelola serta mencari solusi dalam suatu permasalahan perusahaan. Manajemen isu dibutuhkan agar isu-isu tersebut tidak berkembang menjadi sebuah krisis yang dapat menurunkan citra organisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu peneliti ingin mengetahui bagaimana Proses dan langkah kerja Humas PT. Karya Bangun Mandiri Persada dalam menangani sebuah isu pelayangan somasi yang ditujukan kepada PT. Karya Bangun Mandiri Persada perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Studi Kasus dengan pendekatan Kualitatif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Post- Positivisme. Teknis Penelitian menggunakan Wawancara mendalam dengan narasumber dan melakukan pengamatan terhadap pemberitaan media. Sementara teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah Humas PT KBMP telah menjalankan tugas pokok fungsinya sebagai humas, dimana apabila ada masalah segera di tanggapi dengan cepat dan tepat. PT.KBMP sudah melakukan klarifikasi kepada pihak kepolisian terkait masalah somasi yang diberikan. Upaya dalam menjaga kepercayaan publik belum dilakukan secara maksimal salah satunya karena PT.KBMP belum memiliki website dan akun media sosial resmi perusahaan sebagai alat kontrol opini masyarakat. PT. Karya Bangun Mandiri Persada (PT. KBMP) is a large-scale construction services company that has several problems related to negative news in the mass media. With various slanted issues, public relations must be able to manage and find solutions in a company problem. Issue management is needed so that these issues do not develop into a crisis that can degrade the image of the organization. The purpose of this study is that researchers want to know how the process and steps of the public relations of PT. Karya Bangun Mandiri Persada in dealing with an issue of somasi service addressed to PT. Karya Bangun Mandiri Persada company. The method used in this study is the Case Study Method with a Qualitative approach. The paradigm used in this study is Post-Positivism. Technical Research using in-depth interviews with sources and making observations on media reports. Meanwhile, data processing and analysis techniques are carried out in three stages, namely: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The result of this research is that the Public Relations of PT KBMP has carried out the main task of its function as a public relations officer, where if there is a problem, it is immediately responded to quickly and appropriately. PT. KBMP has clarified to the police regarding the issue of the somasi given. Efforts in maintaining the company's image have not been carried out optimally, one of which is because PT. KBMP does not yet have the company's official website and social media accounts as a means of controlling public opinion.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44217110042 |
Uncontrolled Keywords: | Communication Strategy, Public Relations, Public Relations Work Steps, Issue Management, Public Trust,Strategi Komunikasi, Public Relations, Langkah Kerja Humas, Manajemen Isu, Kepercayaan Publik |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Priyo Raharjo |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 03:22 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 03:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69159 |
Actions (login required)
View Item |