SUNENI, SUNENI (2022) ANALISIS ISI PESAN FOTO DAN TEKS COMPETITIVE IDENTITY PADA AKUN INSTAGRAM @ABOUTTNG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER - Suneni.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pemasaran modern tidak hanya merencanakan penempatan penjualan produk, harga produk dan kualitas produk. Di era sekarang ini branding digunakan hampir di semua sektor, termasuk upaya untuk membangun reputasi di Kota yang dikenal sebagai City Branding. Competitive Identity menjadi sebuah model baru untuk meningkatkan daya saing nasional di dunia global baik bagi negara maupun bagi kota, karena setiap wilayah memiliki keunikan mereka sendiri. Perkembangan teknologi internet mendorong suatu Kota untuk menjadikan internet sebagai sebuah media komunikasi informasi sebagai pencitraan suatu wilayah. Akun instagram @abouttng merupakan salah satu akun yang mengulas semua informasi tentang Kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar porsi dan proposisi implementasi pesan foto dan teks competitive identity pada pencitraan Kota Tangerang dalam akun instagram @abouttng. Dalam prosesnya, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisis isi caption dan gambar pada akun tersebut dengan kategorisasi elemen Competitive Identity yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan dua coder untuk membantu proses penelitian dengan mengisi lembar koding yang telah dibuat oleh peneliti dan disepakati antara coder. Penelitian ini merupakan kesepakatan yang sah antara coder, dan hasil penelitian ini mengatakan bahwa kategori Tourism Promotion (Promosi Pariwisata) memiliki frekuensi kemunculan tertinggi sekitar 29 kali (58%) pada caption dan sekitar 21 kali (42%) pada gambar. Dan elemen terendah adalah Exporting Brands (Barang yang Diekspor) sebesar 0% di setiap unit analisis. Sedangkan elemen lainnya pada kategori Policy (Kebijakan) memiliki 10% pada caption dan 8% pada gambar, Investment (Investasi) memiliki 6% pada caption dan 2% pada gambar, kategori Culture (Kebudayaan) memiliki 8% pada caption dan 8% pada gambar, dan People (Masyarakat) memiliki 18% pada caption, dan 40% pada gambar. Peneliti menyimpulkan bahwa akun Instagram @abouttng menampilkan gambar yang berhubungan dengan masyarakat, namun captionnya tidak menjelaskan tentang masyarakat tersebut. Kemunculan yang paling dominan adalah Tourism Promotion (promosi pariwisata) kemudian People (masyarakat). Kata Kunci: Pencitraan Kota, Competitive Identity, Instagram
Actions (login required)
View Item |