ANALISIS EFISIENSI INDIKATOR KINERJA MESIN GASOLINE 1300 CC MENGGUNAKAN TURBO CYCLONE

TOBING, ALBERTUS JULIANUS LUMBAN (2020) ANALISIS EFISIENSI INDIKATOR KINERJA MESIN GASOLINE 1300 CC MENGGUNAKAN TURBO CYCLONE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Halaman Pernyataan.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)

Abstract

In the process of combustion of fuel and air in the combustion chamber is influenced by temperature, mixture density, mixture composition and mixture turbulence so that combustion in the combustion chamber can be said to be perfect. Perfect combustion in the combustion chamber can affect low exhaust emissions and can improve engine performance in terms of power, torque and fuel efficiency. Turbo cyclone is an added tool placed in the air inlet which functions to change the air flow in the inlet which aims to improve the mixing of fuel and air, increase the intensity of combustion and can stabilize combustion sparks whose main purpose is to efficiently use fuel. The methodology used is to compare fuel consumption when the engine is installed with the turbo cyclone and when the engine is not installed turbo cyclone. The results of fuel consumption on engines without turbo cyclone at 1000 rpm, 1500 rpm and 2000 rpm at 0.00233, 0.00159 l / h and 0.00179 l / h while on engines that use turbo cyclone at 1000 rpm rotation, 1500 rpm and 2000 rpm of 0.00171 l / h, 0.00167 l / h and 0.00145 l / h. Keywords: Turbo cyclone, fuel efficiency, fuel consumption Dalam proses pembakaran bahan bakar dan udara pada ruang bakar dipengaruhi oleh temperatur, kerapatan campuran, komposisi campuran dan turbulensi campuran sehingga pembakaran di ruang bakar dapat dikatakan sempurna. Pembakaran yang sempurna pada ruang bakar dapat berpengaruh pada emisi gas buang yang rendah serta dapat meningkatkan performa dari mesin baik daya, torsi dan efisiensi bahan bakar. Turbo cyclone merupakan alat tambah yang diletakkan pada saluran masuk udara yang berfungsi untuk merubah aliran udara pada saluran masuk yang bertujuan agar memperbaiki percampuran bahan bakar dan udara, meningkatkan intensitas pembakaran dan dapat menstabilkan percikan api pembakaran yang tujuan utamanya adalah untuk efisiensi pemakaian bahan bakar. Metodologi yang dilakukan adalah membandingkan pemakaian bahan bakar saat mesin terpasang dengan turbo cyclone dan saat mesin tidak terpasang turbo cyclone. Hasil dari konsumsi bahan bakar pada mesin tanpa turbo cyclone pada putaran 1000 rpm , 1500 rpm dan 2000 rpm sebesar 0,00233, 0,00159 l/h dan 0,00179 l/h sedangkan pada mesin yang menggunakan turbo cyclone pada putaran 1000 rpm, 1500 rpm dan 2000 rpm sebesar 0,00171 l/h, 0,00167 l/h dan 0,00145 l/h. Kata Kunci: Turbo cyclone, efisiensi bahan bakar, konsumsi bahan bakar

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 20 094
NIM/NIDN Creators: 41315110032
Uncontrolled Keywords: Turbo cyclone, efisiensi bahan bakar, konsumsi bahan bakar
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.3 Bibliographic Analysis and Control/Bibliografi Analisis dan Kontrol Perpustakaan > 025.34 Cataloging, Classification, Indexing of Special Materials/Pengatalogan, Klasifikasi, Pengindeksan Bahan Tertentu > 025.344 Machine-Readable Materials/Bahan yang Dapat Dibaca Mesin
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:00
Last Modified: 06 Sep 2022 08:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68839

Actions (login required)

View Item View Item