Denatyo, Yereza (2007) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SURAT KABAR THE JAKARTA POST DALAM MEMPROMOSIKAN RUANG IKLAN TAHUN 2006. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi_Yereza Denatyo.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ruang iklan merupakan salah satu unsur yang penting dalam mempertahankan eksistensi pada suatu media massa. Salah satu media massa adalah Surat Kabar, dimana ruang iklan menjadi sarana bagi Surat Kabar untuk memperoleh pemasukan dan keuntungan yang sebesar-besarnya yang bertujuan untuk mendukung dari sirkulasi. Maka setiap Surat kabar harus mempunyai strategi komunikasi pemasaran yang tepat dalam mempromosikan atau dalam menjual ruang iklan, dimana nantinya strategi komunikasi pemasaran yang telah ditetapkan oleh suatu Surat Kabar, bertujuan untuk mengatasi para pesaingnya dalam mempromosikan ruang iklan. Penulis memilih Surat Kabar The Jakarta Post sebagai objek penelitian karena Surat Kabar The Jakarta Post merupakan satu – satunya Surat Kabar berbahasa Inggris yang sampai pada saat ini masih tetap eksis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Surat Kabar The Jakarta Post dalam mempromosikan Ruang Iklan, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan atau menggambarkan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Surat Kabar The Jakarta Post dalam mempromosikan Ruang Iklan. Dalam penelitian ini penulis mengacu kepada A System of Marketing Communication dari Chris Fill yang menggambarkan tentang kerangka kerja dalam Komunikasi Pemasaran yang antara lain meliputi; Analisa SWOT, Promotion Objective, Positioning, Communication Budget, dan Research and Evaluation.Dalam sistem tersebut juga dijelaskan mengenai alat – alat komunikasi pemasaran yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan tatap muka, humas dan publisitas serta direct respons media. Sifat penelitian ini menggunakan penelitian dekriptif kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, teknik pengumpulan data dengan indepth interview. Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Surat Kabar The Jakarta Post dalam mempromosikan ruang iklan adalah menggunakan strategi komunikasi pemasaran yaitu dengan melakukan pendekatan – pendekatan langsung atau relation ship kepada klien pengiklan atau dapat dikatakan bahwa strategi yang digunakan oleh Surat Kabar The Jakarta Post dalam mempromosikan ruang iklan adalah melalui penjualan langsung secara tatap muka yaitu dengan menggunakan alat komunikasi pemasaran berupa Direct Selling
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 04302-049 |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SURAT KABAR THE JAKARTA POST DALAM MEMPROMOSIKAN RUANG IKLAN TAHUN 2006 |
Subjects: | 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 03:06 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 03:06 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68344 |
Actions (login required)
View Item |