SEPTIYANI, WIWIN (2022) AKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK DALAM PEMAKAIAN GADGET DITENGAH PANDEMI COVID -19. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. COVER - Wiwin Septiyani_Aktivitas Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Dalam Pemakaian Gadget ditengah Pandemi Covid-19 (1).pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03. BAB I - Wiwin Septiyani_Aktivitas Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Dalam Pemakaian Gadget ditengah Pandemi Covid-19.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
||
Text (BAB II)
04. BAB II - Wiwin Septiyani_Aktivitas Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Dalam Pemakaian Gadget ditengah Pandemi Covid-19.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text (BAB III)
05. BAB III - Wiwin Septiyani_Aktivitas Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Dalam Pemakaian Gadget ditengah Pandemi Covid-19.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
||
Text (BAB IV)
06. BAB IV - Wiwin Septiyani_Aktivitas Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Dalam Pemakaian Gadget ditengah Pandemi Covid-19.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
Text (BAB V)
07. BAB V - Wiwin Septiyani_Aktivitas Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Dalam Pemakaian Gadget ditengah Pandemi Covid-19.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA - Wiwin Septiyani_Aktivitas Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Dalam Pemakaian Gadget ditengah Pandemi Covid-19.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN - Wiwin Septiyani_Aktivitas Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak Dalam Pemakaian Gadget ditengah Pandemi Covid-19.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
Abstract
The Covid-19 pandemic has changed the way of learning from face-to-face learning to learning from home. Learning from home causes an increase in the use of gadgets in children, for that parents need to establish interpersonal communication activities with children so that increased use of gadgets in children does not have a negative impact. The concept of this research uses the theory of Joseph A DeVito (2011) which suggests interpersonal communication as a process of sending and receiving messages between a small group of people with instantaneous feedback. This research uses a qualitative descriptive approach with in-depth interviews with parents and 6th graders at SDN Daan Mogot 01 Tangerang. Where the researchers interviewed resource persons to collect primary data and collect secondary data. The results of this study indicate that an increase in the use of gadgets in children is felt by parents, so parents carry out interpersonal communication activities to educate and also to minimize the negative impact of using gadgets. When carrying out communication activities there are obstacles that occur such as the use of language and gadgets. Keywords : Interpersonal Communication, Parents and Children Relationship Pandemi Covid-19 mengubah cara belajar dari yang sebelumnya belajar tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh secara online. Pembelajaran yang dilakukan secara online menyebabkan peningkatan pemakaian gadget pada anak, untuk itu orang tua perlu menjalin aktivitas komunikasi interpersonal dengan anak agar peningkatan pemakaian gadget pada anak tidak berdampak negatif. Konsep penelitian ini menggunakan teori Joseph A DeVito (2011) yang mengemukakan komunikasi interpersonal sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan antara sekelompok kecil orang dengan umpan balik seketika. Penelitian ini dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara mendalam pada orang tua dan siswa kelas 6 SDN Daan Mogot 01 Tangerang. Dimana peneliti mewawancarai narasumber untuk mengumpulkan data primer dan mengumpulkan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menjunjukkan bahwa adanya peningkatan pemakaian gadget pada anak yang dirasakan oleh orang tua, sehingga orang tua melakukan aktivitas komunikasi interpersonal untuk mengedukasi dan juga untuk meminimalisir dampak negatif dari pemakaian gadget. Saat melakukan aktivitas komunikasi terdapat hambatan yang terjadi seperti penggunaan bahasa dan gadget. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Hubungan Orang Tua Dan Anak
Actions (login required)
View Item |