QOONIITAH, ZAENAB FITRIYAH (2019) ANALISIS MODEL KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PT PERTAMINA PATRA NIAGA DALAM MENJELASKAN AKSI PROTES AWAK MOBIL TANKI (AMT) PERIODE MEI 2017 – MARET 2019 KEPADA KHALAYAK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Lembar Pernyataan Mahasiswa.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (834kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. Daftar Lampiran.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
||
Text (BAB II)
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text (BAB III)
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
||
Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text (BAB V)
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Public Relations berperan sangat penting untuk mempertahankan citra perusahaan. Krisis Perusahaan yang terjadi PT Pertamina Patra Niaga yaitu Aksi Protes Awak Mobil Tanki periode Mei 2017 – Maret 2019 mempengaruhi pemberitaan di media yang berdampak pada terciptanya opini publik sehingga menurunkan citra perusahaan di mata publik. Dalam melakukan aktivitas komunikasi, Model Komunikasi Public Relations penting dilakukan agar pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran tentang Model Komunikasi PR PT Pertamina Patra Niaga dalam menjelaskan Aksi Protes Awak Mobil Tanki (AMT) periode Mei 2017 – Maret 2019 kepada Khalayak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peradigma yang digunakan adalah konstruktivisme dengan metode penelitian studi kasus-kualitatif. Teknik pengumpulan data informan yang merupakan pekerja PT Pertamina Patra Niaga yang terlibat dalam penanganan dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan Aksi Protes Awak Mobil Tangki (AMT) periode Mei 2017 – Maret 2019. Hasil penelitian ini menjelaskan penggunaan Model Komunikasi PR Grunig and Hunt yang diterapkan oleh PT Pertamina Patra Niaga dalam menjelaskan Aksi Protes Awak Mobil Tanki (AMT) periode Mei 2017 – Maret 2019 kepada Khalayak. Peneliti menyimpulakn bahawa Model Komunikasi PR Grunig and Hunt yang diterapkan oleh praktisi PR PT Pertamina Patra Niaga dalam menjelaskan Aksi Protes Awak Mobil Tanki (AMT) periode Mei 2017 – Maret 2019 adalah Informasi Publik. Pada Model Komunikasi PR Informasi Publik PT Pertamina Patra Niaga proses komunikasi terjadi dengan adanya Stimulus yang memberikan pesan melalui media kepada publik dan berdampak kepada perusahaan, perusahaan memberikan renspons berupa pesan melalui media kepada publik. Kata Kunci : Public Relations, Opini Publik, Citra Perusahaan, Krisis Perusahaan, Model Komunikasi PR, PT Pertamina Patra Niaga
Actions (login required)
View Item |