LISTYAWAN, RIZKI (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE MERCHANDISE EVOS ESPORT DALAM MEMPERKUAT PRODUKNYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.
Text (Cover)
44319110053_Rizki Listyawan_01 Cover - Rizki Listyawan.pdf Download (456kB) |
|
Text (Abstrak)
44319110053_Rizki Listyawan_02 Abstrak - Rizki Listyawan.pdf Download (46kB) |
|
Text (Bab 1)
44319110053_Rizki Listyawan_03 Bab 1 - Rizki Listyawan.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text (Bab 2)
44319110053_Rizki Listyawan_04 Bab 2 - Rizki Listyawan.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text (Bab 3)
44319110053_Rizki Listyawan_05 Bab 3 - Rizki Listyawan.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
Text (Bab 4)
44319110053_Rizki Listyawan_06 Bab 4 - Rizki Listyawan.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
|
Text (Bab 5)
44319110053_Rizki Listyawan_07 Bab 5 - Rizki Listyawan.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
44319110053_Rizki Listyawan_09 Daftar Pustaka - Rizki Listyawan.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
|
Text (Lampiran)
44319110053_Rizki Listyawan_10 Lampiran - Rizki Listyawan.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
Text (Form Keabsahan dan Publikasi)
44319110053_Rizki Listyawan_11_Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Rizki Listyawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
Abstract
Esports competitions have been held both on a national and world scale. Indonesia is currently experiencing the esports phenomenon which is very popular among teenagers and adults which has changed several perspectives about playing games that only spend their free time in vain but can become a profession and generate profits. EVOS Esports merchandise is not the main product introduced to consumers, but interest and interest in these merchandise is seen from the number of followers and products sold through the EVOS Esports official website platform. Several conceptual theories used in this research are marketing communication theory, marketing communication strategy, marketing mix, online marketing, online media and social media. This research is a research using a qualitative approach. The paradigm of this research is post positivism with the technique of checking the validity of the data using triangulation of research sources. The result of the research is that EVOS Esport in particular still does not use public relations to carry out marketing communication activities. The merchandising concept has not yet been implemented by EVOS Esport. The sales promotion carried out by EVOS esports uses promotional media that focuses on the use of digital media. The forms of promotion carried out by EVOS Esport include giving product price discounts and give aways. All of these things aim to introduce EVOS esport merchandise products that can be used by all people of various age groups. Keywords: Merchandise, Marketing Communication Strategy, Online Kompetisi Esport telah banyak di gelar baik skala nasional maupun skala dunia. Indonesia saat ini juga sedang mengalami fenomena Esport yang banyak digemari kalangan remaja dan dewasa yang mengubah beberapa sudut pandang tentang bermain game yang hanya menghabiskan waktu luang dengan sia-sia tapi bisa menjadi sebuah profesi dan menghasilkan keuntungan. Merchandise EVOS Esports bukan merupakan produk utama yang diperkenalkan ke konsumen, tapi ketertarikan dan minat pada merchandise tersebut dilihat dari jumlah pengikut dan produk terjual melalui platform official website EVOS Esport. Beberapa teori konseptual yang digunakan dalam penelitian adalah teori komunikasi pemasaran, strategi komunikasi pemasaran, bauran pemasaran, pemasaran online, media online dan media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. paradigma penelitian ini adalah post positvistik dengan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Trianggulasi sumber penelitian. Hasil penelitiannya adalah EVOS Esport secara khusus masih belum menggunakan public relations untuk melakukan kegiatan-kegiatan komunikasi pemasaran. Konsep merchandising masih belum diterapkan oleh EVOS Esport. Promosi penjualan yang dilakukan oleh EVOS esport menggunakan media promosi yang berfokus pada penggunaan media digital. Adapun bentuk promosi yang dilakukan oleh EVOS Esport diantarannya pemberian discount harga produk dan give away. Semua hal yang dilakukan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan produk merchandise EVOS esport yang dapat digunakan oleh semua masyarakat dari berbagai kelompok usia. Kata Kunci : Merchandise, Strategi Komunikasi Pemasaran, Online
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44319110053 |
Uncontrolled Keywords: | Merchandise, Marketing Communication Strategy, Online Merchandise, Strategi Komunikasi Pemasaran, Online |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Maulana Arif Hidayat |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 03:36 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 03:36 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67896 |
Actions (login required)
View Item |