RIDHO, MUHAMMAD RASYID (2022) PERENCANAAN DAN PENDAMPINGAN STRATEGI BRANDING DAN PROMOSI UMKM MOMASTEL UNTUK MENCAPAI BRAND AWARENESS PADA PERIODE APRIL 2021-JANUARI 2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text (BAB VI)
08 BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Momastel merupakan salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berlokasi di Perumahan Japos Graha Lestari, Jl. Kutilang Blok D7/20, Jurangmangu, Pondok Aren, Tangerang Selatan. UMKM Momastel merupakan usaha makanan ringan pastel yang telah dijalankan oleh Ibu Lathifah Sayuti selama 9 tahun sejak 2012. Dalam menjalankan usahanya, Momastel masih menghadapi banyak permasalahan dalam segi branding dan promosi, diantaranya belum memiliki unsur-unsur branding, media promosi yang masih minim, serta belum adanya unique selling pada produknya. Dikarenakan permasalahan-permasalahan tersebut, Momastel masih kesulitan untuk meningkatkan brand awareness pada konsumen. Dalam kegiatan pendampingan ini, penulis selaku Strategic Planner menerapkan strategi Integrated Marketing Communication (IMC) yang membagi bentuk komunikasi merek menjadi dua bagian besar, yaitu branding dan promosi. Dalam segi branding, penulis melakukan pembuatan unsur-unsur branding seperti nama merek, logo, packaging, mascot, tagline, dan varian produk. Sedangkan dalam segi promosi, penulis melakukan program promosi melalui media cetak luar ruang, media digital, pembukaan booth, giveaway, dan influencer endorsement. Setelah seluruh kegiatan pendampingan telah selesai dilakukan, Momastel dinilai berhasil meningkatkan brand awareness pada konsumen dari unaware of brand menjadi brand recognition. Dimana pada tingkatan ini konsumen dapat mengidentifikasi merek “Momastel” sebagai pastel buatan Ibu Lathifah. Kata Kunci: UMKM, Strategi Branding dan Promosi, IMC, Brand Awareness, Strategic Planner
Actions (login required)
View Item |