IMPLEMENTASI KAIZEN-PDCA UNTUK MENURUNKAN PRODUK REJECT (NON CONFORMING) DI PT. TOZEN MECHANICAL PRODUCTS

SUDALYANTO, SUDALYANTO (2016) IMPLEMENTASI KAIZEN-PDCA UNTUK MENURUNKAN PRODUK REJECT (NON CONFORMING) DI PT. TOZEN MECHANICAL PRODUCTS. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Halaman Cover.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (BAB VI)
08. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
09. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini persaingan dalam industry semakin ketat, semua perusahaan yang bergerak di bidang industri saling berusaha untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang terbaik. Untuk tetap bertahan atau bahkan memenangkan persaingan, maka perlu upaya dari perusahaan untuk terus melakukan perbaikan dan pengembangan secara terus menerus dan berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan di perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur yang memproduksi Oflex dan Twinflex Rubber Joint. Permasalahan yang timbul adalah jumlah produk reject (NC) cukup tinggi. Penerapan Kaizen melalui siklus PDCA merupakan salah satu cara untuk sebuah perbaikan dan penyempurnaan untuk mengurangi produk reject (NC). PT. TMP menerapkan metode Kaizen dengan siklus PDCA (Plan-Do- Check-Action) dalam menciptakan produk untuk memberikan produk yang berkualitas kepada pelanggan. Data penelitian didapatkan dari observasi lapangan dan wawancara yang dilakukan secara khusus pada departemen produksi. Melakukan analisa penyebab masalah dengan menggunakan metode 5Why analysis, fishbone diagram untuk menemukan sumber penyebab masalah terbesar yang terjadi dalam penurunan reject (NC) di departemen produksi, serta melakukan perencanaan tindakan perbaikan dengan mengikuti prinsip 5W1H (What, When, Where, Who, Why, How) untuk mengurangi produk reject (NC) guna peningkatan kualitas dan efisiensi pada departemen produksi. Evaluasi dan standarisasi terhadap proses produksi dilakukan untuk dapat menghasilkan produk dan pelayanan yang dapat memenangkan persaingan secara berkelanjutan. Dari hasil penelitian diperoleh data bagian proses miling, tire cord, forming dan curing yang lebih dominan terdapat produk reject (NC). Dari akar penyebab permasalahan yang telah didapatkan kemudian melakukan perbaikan terhadap akar masalah melalui pelaksanaan Kaizen-PDCA ditempat kerja, sehingga didapatkan hasil pengurangan jumlah produk reject (NC) pada tahun berikutnya. Kata Kunci: Kaizen, Reject, NC, 5Why analysis, fishbone diagram, PDCA, 5W1H

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/553. 16 020
Call Number: TI/53/16/020
NIM/NIDN Creators: 55314110041
Uncontrolled Keywords: Kaizen, NC, Reject, Fishbone Diagram, PDCA
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Sep 2016 16:02
Last Modified: 31 May 2024 07:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item