AJENG KURNIA, GENDIS (2022) ANALISIS IDENTIFIKASI DAN MITIGASI BLACK SPOT JALAN H. AGUS SALIM-JALAN LINGKAR UNIVERSITAS ANDALAS, PADANG KOTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (626kB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Jalan H Agus Salim menuju Jalan Lingkar Universitas Andalas Kota Padang sepanjang 10 km merupakan jalan Arteri yang memiliki 2 jalur dan 4 lajur dengan lebar ± 3,04 meter dengan geometrik jalan yang menajak dan terdapat tikungan tajam, jalan ini tetap dilalui banyak kendaraan karena merupakan akses penghubung ke pasar raya, stasiun, dan menuju Universitas Andalas Padang. Selain itu jalan tersebut dilalui persimpangan jalan by pass yang merupakan jalan antar provinsi. Banyaknya pengguna kendaraan yang melalui akses jalan H Agus Salim - jalan lingkar Universitas Andalas, menyebabkan adanya titik rawan kecelakaan (black spot) sehingga banyak kecelakaan yang terjadi di sepanjang ruas jalan tersebut. Menurut data IRMS POLRI, terdapat 80 kecelakaan yang terjadi pada jalan tersebut selama tiga tahun (2018 - 2020) dengan korban meninggal sebanyak 9 orang. Oleh karna itu diperlukan identifikasi blackspot sebagai bahan kajian untuk menentukan mitigasi guna menanggulangi kecelakaan. Pedoman dari penelitian ini menggunakan Pedoman High Safety Manual (HSM 2010) Metode penelitian yang dilakukan menggunakan Sliding Window, pengolahan dan analisi berdasarkan Equivalent Property Damage Only (EPDO), Average Crash Frequency (ACF), dan relative severity index (RSI), dan penyimpulan data berdasarkan hasil pengolahan dan Analisa data kecelakaan. Dari hasil penelitian didapatkan beberapa sub-segmen yang diyakini memiliki titik black spot yakni pada sub-segmen 58 hingga 62 terdapat beberapa kecelakaan fatal yang mengakibatkan kematian dan beberapa luka berat dan luka ringan disebabkan oleh Kendaraan parkir di pinggir jalan, pengendara melawan arus dan tidak menggunakan helm, sehingga diperlukan mitigasi berupa pemasangan rambu dilarang melawan arus, dilaranag parkir, pemberian marka dan pita penggaduh. Kata Kunci : Kecelakaan, Black Spot, HSM 2010, Mitigasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP. 22 026 |
NIM/NIDN Creators: | 41119120061 |
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan, Black Spot, HSM 2010, Mitigasi |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 323 Civil Rights/Hak-hak Warga Sipil, Hak-hak Warga Negara 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum > 347 Civil Procedure and Courts/Prosedur Sipil dan Pengadilan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 06:37 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 06:37 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/64938 |
Actions (login required)
View Item |