STRATEGI KOMUNIKASI PT APLIKASI KARYA ANAK BANGSA (GOJEK) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA UMKM KULINER DI DALAM APLIKASI GO-FOOD PADA MASA PANDEMI COVID-19

Hidayat, Rinaldi (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PT APLIKASI KARYA ANAK BANGSA (GOJEK) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA UMKM KULINER DI DALAM APLIKASI GO-FOOD PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Menurut riset Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), ekonomi digital telah berkontribusi sebesar 5.5% atau sekitar Rp 814 Triliun untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2018. Berdasarkan riset yang sama, sektor ekonomi digital juga telah membantu membuka sekitar 5.7 juta lapangan kerja baru. Dapat dilihat, perlahan tapi pasti ekonomi digital juga telah memberikan kontribusi positifnya dalam mendorong kemajuan ekonomi di Indonesia. Akan tetapi, pandemi yang baru-baru ini melanda memberikan dampak serius bagi seluruh sektor industri tanpa terkecuali. Berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 83.5 persen perusahaan digital terkena dampak negatif akibat pandemi. Konsep utama dalam penelitian ini mengacu pada lima faktor penting yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi komunikasi dimana Arifin menyebutkan bahwa dalam merumuskan strategi komunikasi terdapat 5 (lima) faktor yang harus diperhatikan, yakni; mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, penggunaan media, dan peranan komunikator (Poentarie, 2013). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan paradigm konstruktivis dan metode kualitatif serta dengan pendekatan secara studi kasus, untuk mengetahui lebih mendalam strategi komunikasi yang digunakan Gojek mulai dari proses mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, penggunaan media dan peranan komunikator dimana dalam pengambilan data primer dilakukan metode depth in interview atau wawancara mendalam serta observasi partisipan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa perumusan strategi komunikasi sangat efektif di terapkan pada perusahaan Gojek, mulai dari memfokuskan UMKM sebagai khalayak utama di masa Pandemi, menyusun pesan berupa sosialisasi yang bersifat informatif, edukatif dan persuasif, serta metode kampanye #DirumahAja yang efektif diterapkan pada khayalak Gofood Indonesia. Media yang dipilih sejalan dengan peran-peran aktif para komunikator yang mendukung strategi yang dijalankan Gofood Indonesia. Kata kunci: Strategi komunikasi, Pandemi, Gojek, UMKM

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 049
Call Number: SK/42/22/021
NIM/NIDN Creators: 44216110200
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Pandemi, Gojek, UMKM
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Amin Sujatmiko
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:51
Last Modified: 16 Sep 2022 08:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/64835

Actions (login required)

View Item View Item