PUSPASARI, YULIA DEWI (2017) KAJIAN RISIKO TAHAP PRA KONSTRUKSI PADA PROYEK PEMBANGUNAN TRANSMISI SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI (SUTT) 150 KV MALINGPING - BAYAH. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
Abstract
Listrik merupakan salah satu komponen utama yang menjadi infrastuktur terpenting kehidupan. Saat ini daerah yang teraliri listrik belum mencapai angka yang di inginkan yaitu 100% Indonesia teraliri listrik. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan PT PLN (Persero) adalah membangun transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Bayah – Malimping, Banten. Dalam proses pembangunan dan pengembangan sistem penyaluran tenaga listrik, terdapat banyak risiko-risiko yang mungkin timbul pada tahap pra konstruksi. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan analisis terhadap risikorisiko yang mungkin terjadi, sebelum pelaksanaan pembangunan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Bayah – Malimping ini dilakukan. Metode yang digunakan dalam mengidentifikasi risiko adalah brainstorming atau wawancara dengan penyebaran kuesioner, sedangkan untuk menganalisis risiko menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil analisis didapatkan 24 risiko yang relevan pada pekerjaan tahap pra konstruksi ini dan 13 risiko yang dominan berdampak terhadap biaya dan waktu dari 5 parameter risiko yang ada. Risiko yang memiliki tingkatan paling tinggi atau ekstrem adalah hasil inventarisasi jalur tidak akurat dengan nilai probability x impact yang berdampak terhadap biaya adalah 3.07 x 3.27 dan berdampak terhadap waktu adalah 3.10 x 3.50. Selain itu, harga permintaan masyarakat tinggi dengan nilai probability x impact yang berdampak terhadap waktu adalah 3.40 x 3.13. Rencana mitigasi yang dapat dilakukan pada risiko hasil inventarisasi jalur tidak akurat dan risiko harga permintaan masyarakat tinggi adalah dengan selalu berkoordinasi dengan pelaksana pekerjaan dan apparat yang terlibat baik instansi terkait atau masyarakat disekitar lokasi proyek. Kata Kunci : FMEA, Impact, Pra Konstruksi, Probability, Risiko
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP.17 093 |
NIM/NIDN Creators: | 41115120060 |
Uncontrolled Keywords: | FMEA, Impact, Pra Konstruksi, Probability, Risiko |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik > 671 Metalworking Process/Pabrik Logam 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 694 Wood Construction, Carpentry/Pertukangan Kayu, Tukang Kayu |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 27 May 2022 12:00 |
Last Modified: | 03 Feb 2024 07:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62006 |
Actions (login required)
View Item |