FIRDAOS, MOCH. RIZQI AKBAR (2019) ANALISIS KEGAGALAN MATERIAL AL ALLOY 7475-T7351 PADA STRUKTUR WINGLET CLOSING RIB PESAWAT CRJ 1000. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
HARDCOVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (94kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Winglet merupakan struktur yang sangat penting untuk mengurangi turbulensi pada pesawat. Struktur penyusun winglet yakni Closing Rib Winglet pada pesawat CRJ 1000 telah mengalami kegagalan yang signifikan, Tipe material nya adalah paduan aluminium 7475-T7351 yang terdiri dari Al-Zn-Mg-Cu yang memiliki high strength, superior fracture toughness dan tahan terhadap fatigue crack propagation di udara ataupun lingkungan yang ekstrim. Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab kegagalan material ini maka dilakukan analisis kegagalan dalam aspek metalurgi berupa mikro visual, makro visual, uji kekerasan, SEM, dan uji komposisi kimia SEM-EDS.. Setelah dilakukan uji kegagalan material disebabkan oleh kelelahan (fatigue), ditunjukan oleh penampakan fraktografi beach marks yang tersusun dari striasi (striations) yang melintang rapi dan jelas dengan perbesaran 500x – 5000x atau ukuran 50µm - 5 µm. Melihat karakteristik fraktografi, jenis dari fatigue ini adalah high cycle fatigue dengan siklus waktu >106 . Nilai rata-rata kekerasan dan tensile strength adalah 97,26 (HRB), 756,13 MPa, dimana nilai tersebut melebihi batas maksimal standar ASM international. Pada komposisi penyusun elemen terdapat inklusi unsur Sr, Ca dan Na > 0.05% yang menjadi faktor terbentuknya porositas. Kata Kunci : Closing rib, fatigue, fraktografi, inklusi unsur, SEM-EDS, striations
Actions (login required)
View Item |