PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DALAM MEMBANGUN CITRA DI ERA DIGITAL ( Studi Deskriptif : Pada akun Tiktok @UNJ_Official )

Baskara, Tri (2022) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DALAM MEMBANGUN CITRA DI ERA DIGITAL ( Studi Deskriptif : Pada akun Tiktok @UNJ_Official ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
01_COVER_Tri Baskara_44219120004 - Tri Baskara.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02_Abstrak_Tri Baskara_44219120004 - Tri Baskara.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
02_BAB 1_Tri Baskara_44219120004 - Tri Baskara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (Bab 2)
03_BAB 2_Tri Baskara_44219120004 - Tri Baskara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (Bab 3)
04_BAB 3_Tri Baskara_44219120004 - Tri Baskara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (Bab 4)
05_BAB 4_Tri Baskara_44219120004 - Tri Baskara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text (Bab 5)
06_BAB 5_Tri Baskara_44219120004 - Tri Baskara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
08_Daftar Pustaka_Tri Baskara_44219120004 - Tri Baskara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (Lampiran)
09_Lampiran_Tri Baskara_44219120004 - Tri Baskara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)

Abstract

Kemunculan teknologi komunikasi informasi terutama pada sektor media online menjadi tantangan dalam melakukan sebuah gebrakan baru dalam menyediakan informasi jasa mapun dalam membangun sebuah citra dalam era digital seperti sekarang ini. salah satu media online atau media sosial yang sedang populer adalah Tiktok. Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan Media Sosial Pada Perguruan Tinggi Negeri dalam Membangun Citra di Era Digital. Fokus Penelitian ini adalah Bagaimana Pemanfaatan Media Sosial Pada Perguruan Tinggi Negeri dalam Membangun Citra di Era Digital melalui Studi Deskriptif pada akun Tiktok @unj_official. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Bagaimana Pemanfaatan Media Sosial Pada Perguruan Tinggi Negeri dalam Membangun Citra di Era Digital melalui studi deskriptif pada akun tiktok @unj_official. Adapun Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Proses Humas dalam Mengelola Media Sosial yang meliputi Fact Finding / Pencarian Fakta yang terjadi, Planning & Programming / Menyusun perencanaan dan program, Communicating / Mengkomunikasikan dan Evaluation / Mengevaluasi Penelitian ini mengacu pada paradigma post positivism. Penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi deskriptif pada akun tiktok @unj_official. Teknik Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi lalu di analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, terhadap informasi yang ditemukan di lapangan sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang objek yang diteliti dan kemudian akan ditarik kesimpulan dan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan media sosial khususnya platform tiktok @unj_official tidak berjalan dengan baik dan dimanfaatkan secara maksimal karena jangka waktu unggah konten yang lambat sehingga mempengaruhi upaya membangun citra Universitas Negeri Jakarta, sulit mencari viewers, dan pembagian tugas yang tidak efektif. Salah satu cara Humas UNJ memperbaiki masalah tersebut yaitu dengan Evaluasi konten terkait dengan Viewers, Komentar, dan likes. Evaluasi dilakukan 1 hingga 2 minggu sekali Kata kunci : Media Sosial, Humas, Citra, Tiktok. The emergence of information communication technology, especially in the online media sector, is a challenge in making a new breakthrough in providing service information and in building an image in the digital era as it is today. One of the online media or social media that is currently popular is Tiktok. This study discusses the Utilization of Social Media at the Universities in Building Image in the digital era.. The focus of this research is how to use social media at state universities in building an image in the digital era through descriptive studies on the @unj_official Tiktok account. The purpose of this study is to find out how the use of social media in state universities in building an image in the digital era through a descriptive study on the @unj_official tiktok account. The theory used in this research is the Public Relations Process in Managing Social Media which includes Fact Finding, Planning and Programming, Communicating, and Evaluating This research refers to the post-positivism paradigm. Research that uses qualitative research methods with descriptive studies on the @unj_official tiktok account. The data collection technique used in this research is by means of in-depth interviews, observation, and documentation and then the data is analyzed by reducing the data, presenting the data, to the information found in the field in order to obtain a clear picture of the object under study and then conclusions will be drawn. and the technique of checking the validity of the data using Source Triangulation. The results showed that the use of social media, especially the @unj_official tiktok platform, did not work well and was utilized optimally because of the slow content upload period, which affected efforts to build the image of the State University of Jakarta, difficult to find viewers, and ineffective division of tasks. One of the ways UNJ Public Relations fixes this problem is by evaluating content related to Viewers, Comments, and likes. Evaluation is done once every 1 to 2 weeks Kata kunci : Social Media, Public Relations, Image, Tiktok.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44219120004
Uncontrolled Keywords: Social Media, Public Relations, Image, Tiktok, Media Sosial, Humas, Citra, Tiktok.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:47
Last Modified: 23 Mar 2022 05:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58668

Actions (login required)

View Item View Item