Siregar, Grace Natasya (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT KIMIA FARMA TBK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: PT. Kimia Farma Tbk, Tahun 2020-2021). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
02 Cover - Grace Natasya.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
03 Abstrak - Grace Natasya.pdf Download (25kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
04 Bab I - Grace Natasya.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text (Bab 2)
05 Bab II - Grace Natasya.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text (Bab 3)
06 Bab III - Grace Natasya.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
Text (Bab 4)
07 Bab IV - Grace Natasya.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
||
Text (Bab 5)
08 Bab V - Grace Natasya.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
09 Daftar Pustaka - Grace Natasya.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
Text (Lampiran)
10 Lampiran - Grace Natasya.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
||
Text (Form Keabsahan dan Publikasi)
01 Form Pernyataan Keaslian dan Persetujuan Unggah dan Publikasi Tugas Akhir - Grace Natasya Siregar - Grace Natasya.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
Abstract
Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan secara terarah dan terukur, dibutuhkan oleh berbagai jenis perusahaan dan khususnya perusahaan yang bergerak di sektor distribusi dan penjualan produk, yang salahsatu tujuannya adalah meningkatkan penjualan produk. PT Kimia Farma Tbk sebagai perusahaan farmasi dan kesehatan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh negara, memiliki lini usaha dari hulu ke hilir. Mulai dari penyediaan bahan baku, produksi farmasi, distribusi ritel produk farmasi serta layanan kesehatan untuk pasar masyarakat domestik maupun internasional. Masa pandemi Covid-19 yang terjadi secara global menjadi hamtaman keras pada berbagai sektor, tidak terkecuali sektor ekonomi di hampir seluruh lini bisnis. Pada situasi krisis seperti pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, agar perusahaan bisa tetap bertahan dari hantaman, diperlukan langkah yang sifatnya strategis dan taktis pada berbagai aspek yang tidak terkecuali dalam kegiatan komunikasi pemasaran. Komunikasi Pemasaran PT Kimia Farma Tbk pada masa Pandemi Covid-19 ditujukan untuk memasarkan produk-produk farmasi dan alat-alat kesehatan, maupun produk berupa layanan kesehatan. Disamping untuk tujuan tersebut, Kimia Farma juga melakukan kampanye promosi kesehatan mengenai Covid-19 sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan, sekaligus turut serta bersama pemerintah menjadi garda terdepan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Kimia Farma Tbk dalam upaya meningkatkan penjualan di masa pandemi Covid- 19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian induktif dan menggunakan metode studi kasus. Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini dibuktikan bahwa penerapan strategi komunikasi Pemasaran yang dilakukan oleh PT Kimia Farma Tbk, untuk meningkatkan penjualan produk di masa pandemi Covid-19 berjalan dengan baik dan sukses. Terdapat dua pesan kunci yang dibangun dalam strategi komunikasi PT Kimia Farma Tbk, yaitu pesan-pesan komunikasi pemasaran produk dan layanan yang dipasarkan, serta pesan-pesan komunikasi berupa promosi kesehatan, edukasi dan persuasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Kata Kunci : Strategi komunikasi pemasaran, industri farmasi, pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44319120037 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi pemasaran, industri farmasi, pandemi Covid-19 |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Maulana Arif Hidayat |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 07:00 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 07:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58461 |
Actions (login required)
View Item |