NINGYASTUTI, WIJI RAHAYU (2020) FENOMENA FEAR OF MISSING OUT PADA GENERASI MILLENIAL DALAM JEJARING SOSIAL MEDIA INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HALAMAN COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (20kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
10. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text (BAB 2)
11. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text (BAB 3)
12. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text (BAB 4)
13. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
Text (BAB 5)
14. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Millennials are known as a generation of high-intensity social media users. This condition makes millennials continue to be connected with social media and are exposed to a variety of content from social media continuously. Millennials not only use social media to spend time, or find out the information they want but also unconsciously use it to keep up with the news, lives and, activities of others. It is as if they have to know everything that is happening. Sometimes even to the point of causing anxiety on themselves, which condition is called the Fear of Missing Out (FoMO). Millennials continue to communicate with their friends on social media, are exposed to content created by their friends, and even follow social media trends to show that they are up-todate and live a happy life. This phenomenon of Fear of Missing Out is examined by the authors in this study. This research uses Alfred Schutz's phenomenology theory. This theory combines scientific knowledge with everyday experience and the activities from which experience and knowledge. In other words, basing social action, experience, meaning, and awareness. This theory uses to describe the motives behind the millennial generation using Instagram, the causes of FoMO, the content that causes FoMO, FoMO indications, and FoMO characteristics. This study aims to find out how FoMO occurs in millennials who use Instagram. This research uses descriptive with a qualitative approach. Researchers collect data primarily with in-depth interviews and observations on the millennial generation who use Instagram actively, 6 informants. The results obtained are the millennials who use Instagram excessively can cause FoMO, millennials who experience FoMO in Instagram has several indications and also certain characteristics. Such as fear, anxiety, and worry. Keywords: New Media, Instagram, Millennials, FoMO, Phenomenology Millennial diketahui sebagai generasi pengguna sosial media dengan intensitas tinggi. Kondisi ini membuat millennials terus terhubung dengan sosial media dan terpapar berbagai konten dari sosial media secara terus menerus. Para generasi millennial tidak hanya menggunakan sosial media untuk menghabiskan waktu, atau mencari tahu informasi yang mereka inginkan, tetapi juga tanpa sadar menggunakannya untuk mengikuti berita, kehidupan, dan kegiatan orang lain. Seolah mereka harus tahu setiap hal yang sedang terjadi. Bahkan terkadang hingga menimbulkan kegelisahan pada diri mereka, yang mana kondisi tersebut dinamakan Fear of Missing Out (FoMO). Millenials terus berkomunikasi dengan teman-temannya di sosial media, terpapar konten yang diciptakan oleh teman-temannya, dan bahkan mengikuti trend sosial media untuk menunjukan bahwa mereka kekinian dan menjalani hidup yang bahagia. Fenomena Fear of Missing Out inilah yang dikaji oleh penulis dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi Alfred Schutz. Teori ini menggabungkan antara pengetahuan ilmiah dengan pengalaman seharihari, dan kegiatan dimana pengalaman dan pengetahuan itu berasal. Dengan kata lain mendasarkan tindakan sosial, pada pengalaman, makna dan kesadaran. Ini digunakann penulis untuk medeskripsikan motif apa yang melatar belakangi generasi millennial menggunakan Instagram, penyebab terjadinya FoMO, konten yang menyebabkan FoMO, indikasi FoMO, serta karakteristik FoMO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana FoMO terjadi pada generasi millennial yang menggunakan Instagram. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data secara primer dengan wawancara mendalam dan observasi pada generasi millennial yang menggunakan Instagram secara aktif, informan sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi millennial yang menggunakan Instagram secara berlebihan dan terpapar berbagai konten secara terus menerus dapat menyebabkan FoMO, diketahui juga millennial yang mengalami FoMO pada Instagram memiliki beberapa indikasi dan juga karakteristik tertentu. Seperti ketakutan, kekhawatiran, dan kecemasan. Kata kunci: New media, Instagram, Generasi Millenial, FoMO, Fenomenologi
Actions (login required)
View Item |