PAMUNGKAS, BASUKI ASTHA (2018) EVALUASI MANFAAT PEMBANGUNAN FLYOVER (STUDI KASUS FLYOVER HARAPAN INDAH BEKASI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
1. Cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
2. Surat pengesahan.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
3. Surat Pernyataan.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
4. abstrak.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstract.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
6. Kata pengantar.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text
10. BAB 1 Pendahuluan.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
Text
11. BAB 2 Tinjauan Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
||
Text
12. BAB 3 Metode Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
Text
13. BAB 4 Analisis dan Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) |
||
Text
14. BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Evaluasi Manfaat Pembangunan Flyover (Studi Kasus Flyover Harapan Indah Bekasi), Nama : Basuki Astha Pamungkas, NIM : 41117310077, Dosen Pembimbing : Andri Irfan Rifai, DR.,ST.,MT.,, Tahun : 2018 Ruas jalan raya Tarumajaya adalah jalan utama yang menghubungkan antar kecamatan maka dapat dipastikan banyak kendaraan yang melintas terutama pada jam-jam kerja dan hari libur. Keragaman jenis kendaraan yang melalui jalan tersebut menyebabkan banyaknya kerusakan perkerasan jalan pada beberapa titik sehingga mengakibatkan sering terjadinya kecelakaan. Besarnya volume arus lalu lintas yang ada sangat mempengaruhi kinerja suatu jalan. Datadata lalu lintas yang digunakan sebagai dasar analisis kelayakan berdasarkan analisis dan pengamatan selama 2 hari pada jam sibuk pagi dan sore. Jika di lihat dari derajat kejenuhan kendaraan pada ruas jalan Setia Asih, Tarumajaya-Harapan Indah menunjukkan DS jalan umum dan DS jembatan ≤ 0,75masih layak dan menjadi solusi. Berdasarkan olahan data kuesioner dari 300 responden yang memiliki pekerjaan sebagaian besar sebagai wirausaha dan sisanya sebagai PNS dan pegawai swasta merasa terbantu dengan di bangunnya jalan layang. Suatu pembangunan jalan layang dikatakan layak apabila memenuhi syarat yaitu BCR > 1 dan NPV > 0. Nilai BCR sebesar 1,2 yang artinya ˃ 1 , maka investasi layak (feasible) dan nilai NPV sebesar 1 yang artinya ˃0 , maka investasi layak. Berdasarkan data kesimpulan ketiga analisis yang telah di lakukan maka pembangunan Jalan Layang sebagai alternatif jalan umum. Perhitungan BOK dilakukan terhadap kendaraan yang ditentukan berdasarkan golongan menurut aturan Bina Marga yaitu Golongan I (kendaraan ringan, LV). Kecepatan kendaraan diukur dengan alat ukur speed gun sehingga diketahui kecepatan ratarata 40-60 Km/jam Sehingga solusi dengan menggunakan alternatif – alternatif Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 masih disarankan. Kata kunci : Analisis Kelayakan, Derajat Kejenuhan, BOK, BCR, NPV ABSTRACT Title : Evaluation Of The Benefits Of Flyover Development (Case Study Of Flyover Harapan Indah Bekasi), Name : Basuki Astha Pamungkas, NIM : 41117310077, Supervisor : Andri Irfan Rifai, DR.,ST.,MT., 2018 The Tarumajaya highway section is the main road that connects between sub-districts, so it can be ascertained that there are many vehicles that pass especially during work hours and holidays. The variety of types of vehicles that pass through these roads causes a lot of damage to road pavement at several points resulting in frequent accidents. The large volume of traffic flow greatly affects the performance of a road. Traffic data is used as the basis for feasibility analysis based on analysis and observation for 2 days during rush hour morning and evening. If seen from the degree of saturation of vehicles on the Setia Asih road, Tarumajaya-Harapan Indah, the DS of public roads and DS bridges 75 0.75 is still feasible and a solution. Based on the processing of questionnaire data from 300 respondents who have jobs mostly as entrepreneurs and the rest as civil servants and private employees feel helped by the construction of flyovers. An elevated road construction is said to be feasible if it meets the requirements, namely B t t t f b (f b ) t t t feasible. Based on the conclusions of the three analyzes, the construction of flyover is an alternative to public roads. BOK calculations are carried out on vehicles determined by group according to Jasa Marga's rules, namely Group I (light vehicles, LV). The speed of the vehicle is measured by a speed gun so that the average speed is 40-60 Km / h. So that the solution using the 1997 Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) method is still recommended. Keywords : fessibility study, degree of saturation, BOK, BCR, NPV
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP 18 087 |
NIM/NIDN Creators: | 41117310077 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Analisis Kelayakan, Derajat Kejenuhan, BOK, BCR, NPV |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 07:12 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 07:12 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57625 |
Actions (login required)
View Item |