PENDAMPINGAN STRATEGI PROMOSI DIGITAL MARKETING MITRA BAKSO AHAN TANGERANG SELATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 SELAMA OKTOBER 2020 – MARET 2021

SINAGA, CANRA TUKKOT PARULIAN (2021) PENDAMPINGAN STRATEGI PROMOSI DIGITAL MARKETING MITRA BAKSO AHAN TANGERANG SELATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 SELAMA OKTOBER 2020 – MARET 2021. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 COVER.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab 4)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab 6)
07 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (Lampiran)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran digital di era industry 5.0 menjadi kebutuhan bagi banyak industri, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Digital Marketing tidak hanya digunakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk tetapi juga dapat membantu UMKM untuk bertahan dalam situasi pandemi ini. Namun, tidak semua UMKM mengetahui dan memahami bagaimana menggunakan alat dan strategi yang tepat yang sesuai dengan bisnis mereka. Bakso Ahan adalah sebuah UMKM yang berlokasi di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten. Mereka menghasilkan kuliner bakso ikan dengan produk utama bakso telur asin, yang merupakan inovasi produk yang unik. Meski memiliki produk yang unik, mereka masih memiliki keterbatasan dalam pemasaran, mereka hanya menjual produknya dengan hanya melakukan penjualan offline dengan mengandalkan konsumen yang berkunjung ke Pasar Alam Sutera 8. Project TAPN ini bertujuan untuk memberikan edukasi, sekaligus memberikan pendampingan kepada Bakso Ahan untuk belajar tentang digital marketing dan cara menggunakannya, sehingga dapat membantu Bakso Ahan bertahan dalam situasi pandemi. Bentuk kegiatan pendampingan dimulai dari menentukan digital marketing tools yang tepat, memilih jenis media, menentukan target pemasaran, mengelola konten dan iklan, membuat copywriting yang baik dan menarik, serta mengevaluasi strategi digital marketing. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini adalah perkembangan platform digital marketing yang dimiliki oleh Bakso Ahan, misalnya pada layanan pesan antar online yang dulunya hanya Grab Food dan Go Food, kini mereka memiliki Shopeefood untuk melengkapi channel penjualannya. Platform pemasaran digital lainnya yang berhasil dikembangkan adalah website, facebook, Instagram, e-commerce, Google My Business, dan Google Ads. Kegiatan TAPN ini juga berhasil meningkatkan engagement rate instagram Bakso Ahan dari 1,71% di akun instagram lama menjadi 20,65% dengan strategi yang diterapkan di akun instagram baru. Penggunaan search engine marketing Google Ads juga berhasil meningkatkan trafik ke outlet mitra yang menunjukkan adanya permintaan lokasi akses sebanyak 316 kali. Pendapatan Bakso Ahan juga meningkat 26% setelah menerapkan strategi digital marketing selama masa pendampingan. Kata Kunci: Strategi Digital Marketing, COVID-19, UMKM, Bakso Ahan Digital marketing in the society 5.0 era becoming a necessity for many industries, especially for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). Digital Marketing isn’t just used to introduce and promoting products but also can helps MSMEs to survive in this pandemic situation. However, not all MSMEs know and understand how to use the right tools and strategies that matched with their business. Bakso Ahan is a MSMEs that located in Alam Sutera, South Tangerang, Banten. They produced fish ball culinary with salted egg fishball as the main products, which is a unique product innovation. Even they have a unique product, they still have a limitation in marketing, they just sell their product by only making offline sales by rely on consumers that visited Alam Sutera 8 Market. This TAPN project aims to provide education, as well as provide a mentoring to Bakso Ahan to learning about digital marketing and how to use it, so it can helps Bakso Ahan to survive the pandemic situation. The form of mentoring activity is starting from determining the right digital marketing tools, choosing media types, determining the target, managing content and advertisement, creating a good copywriting, and evaluating the digital marketing strategy. The result of this training and mentoring activity is digital marketing platforms already developed and owned by Bakso Ahan, for example in online delivery services which from was only Grab Food and Go Food, now they have Shopeefood to completed their sales channel. Another digital marketing platforms that successfully developed are website, facebook, Instagram, e-commerce, Google My Business, and Google Ads. This TAPN project succeeded in increasing Bakso Ahan instagram’s engagement rates from 1,71% on their old instagram account to 20,65% with the strategy that implemented on their new instagram account. The use of search engine marketing Google Ads also succeeded in increasing traffic to partner outlet that shown 316 locations access requests. Bakso Ahan’s income also increased by 26% after implemented a digital marketing strategy during the mentoring period. Keywords: Digital Marketing Strategy, Covid-19, MSME, Bakso Ahan

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44317110097
Uncontrolled Keywords: Strategi Digital Marketing, COVID-19, UMKM, Bakso Ahan, Digital Marketing Strategy, Covid-19, MSME, Bakso Ahan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:49
Last Modified: 07 Mar 2022 02:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57244

Actions (login required)

View Item View Item