EVALUASI KUALITAS APLIKASI SAP (SISTEM APLIKASI PERTANGGUNGJAWABAN) MENGGUNAKAN STANDARD ISO 9126 (studi kasus di lingkungan Ditjen APTIKA- KOMINFO)

RISKIAN, FAHMI (2021) EVALUASI KUALITAS APLIKASI SAP (SISTEM APLIKASI PERTANGGUNGJAWABAN) MENGGUNAKAN STANDARD ISO 9126 (studi kasus di lingkungan Ditjen APTIKA- KOMINFO). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
COVER TESIS - Fahmi Riskian.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I - Fahmi Riskian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II - Fahmi Riskian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III - Fahmi Riskian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV - Fahmi Riskian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V - Fahmi Riskian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka - Fahmi Riskian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Fahmi Riskian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Along with the development of science and technology, digital transformation has become an agenda that is strongly imposed by the government. As a government institution engaged in telecommunications and applications, Kominfo occupies a strategic position in the implementation of digital transformation in Indonesia. In 2017, the Directorate General of Aptika, under the Ministry of Communication and Informatics, has been using a special accountability application system (SAP) to address human resources issues. This research is an evaluation study of the responsibility application system belonging to the Directorate General of Aptika using the ISO 9126 standard. Furthermore, through SAP, the duration of submission and approval for assignment letter within the organization managed to be reduced up to 90 percent, which took to five days to only three to four hours. Researcher found that the SAP application had met almost all ISO 9126 characteristics and succeeded increasing the effevtiveness of the workload management amongst staffs. Furthermore, researcher used relevant theories and concepts in developing this research, namely, workload analysis, operating systems, quality management, quality and application of software improvement processes. This study is conducted in the Directorate General of Aptika, Kominfo, using qualitative methods with in-depth interviews and observation as data collection techniques. Keywords: Kominfo, ASN, ISO, Application, Software Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, transformasi digital menjadi sebuah agenda yang digaungkan dengan keras oleh pemerintah. Sebagai institusi pemerintah yang bergerak di bidang telekomunikasi dan aplikasi, Kominfo menempati posisi strategis dalam implementasi transformasi digital di Indonesia. Pada tahun 2017, Ditjen Aptika yang berada di bawah Kominfo menggunakan sistem aplikasi pertanggungjawaban (SAP) khusus demi menjawab tantangan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi sistem aplikasi pertanggungjawaban milik Ditjen Aptika dengan menggunakan standar ISO 9126. Lebih jauh, melalui penggunaan aplikasi SAP, durasi pengajuan dan persetujuan Surat Tugas Ditjen Aptika berhasil mengalami pemangkasan hingga 90 persen yang pada awalnya memakan waktu hingga lima hari menjadi tiga hingga empat jam. Peneliti menemukan aplikasi SAP sudah memenuhi poin karakteristik ISO 9126 yang terdiri dari fungsionalitas, reliabilitas, kegunaan, efisiensi, portabilitas dan pemeliharaan dan berhasil meningkatkan efektivitas terhadap beban kerja staf Ditjen Aptka. Adapun peneliti menggunakan teori dan konsep yang relevan dalam mengembangkan penelitian ini yaitu, analisis beban kerja, sistem operasi, manajemen kualtias, kualitas dan penerapan proses perbaikan perangkat lunak. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Ditjen Aptika, Kominfo, dengan menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan data nya. Kata kunci: Kominfo, ASN, SAP, ISO, Perangkat, Aplikasi

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55119110129
Uncontrolled Keywords: Kominfo, ASN, SAP, ISO, Perangkat, Aplikasi, Kominfo, ASN, ISO, Application, Software
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:45
Last Modified: 02 Mar 2022 06:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57061

Actions (login required)

View Item View Item