Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal dan Ruas Jalan Dengan Metode MKJI 1997 (Studi Kasus : Simpang RS. Bella Jalan Ir. H. Juanda Kota Bekasi)

FAWZI, ANJAR AHMAD RIZZAL (2018) Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal dan Ruas Jalan Dengan Metode MKJI 1997 (Studi Kasus : Simpang RS. Bella Jalan Ir. H. Juanda Kota Bekasi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. COVER JUDUL TA.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PERSAMAAN.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text
12. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal dan Ruas Jalan Dengan Metode MKJI 1997 (Studi Kasus : Simpang RS. Bella Jalan Ir. H. Juanda Kota Bekasi), Nama : Anjar Ahmad Rizzal Fawzi, NIM : 41114310018, Dosen Pembimbing : Widodo Budi Dermawan ST, M.Sc, 2018. Data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016 prihal Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis jika dilihat 3 tahun sebelumnya yaitu 2014, 2015, 2016 secara berurutan jumlah kendaraan bermotor keseluruhan yaitu 114.209.260 unit kendaraan di tahun 2014, 121.394.185 unit kendaraan di tahun 2015, 129.281.079 unit kendaraan di tahun 2016, dan kemungkinan besar akan semakin bertambah setiap tahunnya. Kota Bekasi dengan jumlah penduduk saat ini yang sudah mencapai >3 juta jiwa Diantaranya sebanyak 40 persen mobil dan 60 persen sepeda motor. Kendaraan tersebut setiap harinya bergerak di Kota Bekasi. Di daerah perkotaan khususnya di Kota Bekasi yang notabennya merupakan kota yang cukup padat dan sibuk, banyak titik persimpangan yang menjadi sumber dari kemacetan yang menimbulkan antrean yang sangat panjang. Salah satunya adalah simpang Rs. Bella. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang Rs.Bella dan ruas jalan Ir. H. Juanda saat ini. Data yang diperlukan dalam proses analisis kinerja simpang bersinyal dan ruas jalan adalah data primer yaitu berupa data kondisi arus lalu lintas, geometrik jalan, dan kondisi lingkungan. Serta data sekunder berupa peta lokasi dan jumlah penduduk. Dan menggunakan prosedur analisis ruas jalan perkotaan dan simpang bersinyal yang mengacu pada (MKJI 1997). Dari hasil survey dilapangan dan hasil perhitungan analisis data yang telah dilakukan, maka di dapat hasil kinerja ruas jalan Raya Ir. H. Juanda didapat volume puncak pada hari Jumat periode sore dengan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,73 termasuk pada tingkat pelayanan C. Volume lalu lintas tertinggi pada simpang Rs. Bella pada hari Jumat pukul 18.00-19.00 WIB. Hasil analisis data eksisting, didapatkan Level Of Service (LOS) F yang berarti nilai tundaan yang tinggi, menunjukan waktu siklus yang panjang dan rasio kendaraan yang tinggi ditunjukan dari panjangannya waktu siklus yaitu 114 detik dengan 3 fase lalu lintas dengan nilai derajat kejenuhan (DS) terbesar mencapai 1.60 yang sudah melebihi angka yang diisyaratkan oleh MKJI 1997 yaitu kurang dari 0,85. Terdapat tiga alternatif pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian yaitu alternatif pemecahan masalah dengan mengurangi hambatan samping, kombinasi antara pengurangan hambatan samping serta perubahan waktu siklus lampu lalu lintas. Indikator dalam menilai kinerja simpang dilihat dari tundaan simpang. Dari ketiga alternatif tersebut ternyata bisa merubah level of service menjadi cukup baik dari sebelumnya. Kata kunci : Simpang Bersinyal, Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan MKJI 1997 ABSTRACT Title : Evaluation of Performance Signalized Intersection and Roads with MKJI Methods in Rs. Bella Intersection (Ir. H. Juanda Street) Bekasi City, Name : Anjar Ahmad Rizzal Fawzi, NIM : 41114310018, Lecturer : Widodo Budi Dermawan ST, M.Sc, 2018. Latest data from the Badan Pusat Statistik (BPS) in 2016 concerning the number of motor vehicles according to the type seen in the previous 3 years, namely 2014, 2015, 2016 in total number of motorized vehicles, namely 114,209,260 vehicles in 2014, 121,394,185 vehicles in in 2015, 129,281,079 vehicles in 2016, and will likely increase every year. The city of Bekasi with its current population of > 3 million, including 40 percent of cars and 60 percent of motorbikes. The vehicle moves every day in the city of Bekasi. In urban areas, especially in the city of Bekasi, which in fact is a city that is quite dense and busy, many intersections are the source of congestion which causes very long lines. One of them is the intersection of Rs. Bella. This study aims to determine the performance of the Rs.Bella intersection and Ir. H. Juanda at this time. The data needed in the process of analyzing the performance of signalized intersections and road segments is primary data in the form of data on traffic flow conditions, road geometrics, and environmental conditions. As well as secondary data in the form of a map of location and population. And using the procedure for urban road analysis and signalized intersections that refer to (MKJI 1997). From the survey results in the field and the results of the calculation of the data analysis that has been carried out, the results of the road segment of Ir. H. Juanda obtained the peak volume on Friday afternoon period with the degree of saturation (DS) of 0.73 including the level of service C. The highest traffic volume at the intersection of Rs. Bella on Friday 18.00-19.00 WIB. The results of the existing data analysis, obtained Level of Service (LOS) F, which means high delay value, shows a long cycle time and a high vehicle ratio is shown from the length of the cycle time is 114 seconds with 3 phases of traffic with a degree of saturation (DS) the biggest reached 1.60 which already exceeded the figure indicated by MKJI 1997, which was less than 0.85. There are three alternative problem solving used in the study, namely alternative problem solving by reducing side barriers, a combination of side barriers reduction and traffic light cycle time changes. Indicator in assessing intersection performance seen from intersection delay. Of the three alternatives it turns out that it can change the level of service to be quite good than before. Keyword : Signalized Intersections, Roads, Degree of saturation, MKJI 1997

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP 18 038
NIM/NIDN Creators: 41114310018
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Simpang Bersinyal, Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan MKJI 1997
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:17
Last Modified: 23 Feb 2022 04:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56539

Actions (login required)

View Item View Item